Scroll to Top

Korea Selatan Menuduh Evan Dimas Pemain Ilegal

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 20 Oct 2013

Evan Dimas

Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan (Korsel) 3-2 beberapa waktu lalu, rupanya sedikit menghadirkan cerita tak sedap. Pasalnya Korsel mengungkapkan jika Indonesia telah menurunkan Evan Dimas yang berstatus sebagai pemain ilegal.

Isu pemain Timnas Indonesia U-19 menggunakan pemain Ilegal, langsung dibantah sekretaris Badan Tim Nasional (BTN).

Menurut Sefdin Saefudin berita tersebut tidak benar, terlebih BTN juga belum memperoleh laporan resmi dari AFC sebagai induk sepak bola di kawasan Asia.

BTN berkeyakinan seluruh pemain Timnas U-19 Indonesia resmi terdaftar di AFC dan tercatat sebagai pemain legal.

Kabar ini muncul setelah Evan Dimas yang melakukan Hat-trick di laga penyisihan grup piala Asia, dituding oleh Korea Selatan sebagai pemain amatir. Korea juga sempat mempertanyakan status Evan yang kabarnya tidak diakui oleh PSSI.

Namun BTN menganggap tuduhan tersebut tidak beralasan. BTN juga menyatakan selama pemain itu berkewarganegaraan Indonesia dan memiliki passport, tidak ada masalah.

Di lain pihak Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo memastikan jika sejumlah pemain timnas yang masih memperkuat tim sepakbola di liga amatir akan diakomodasi melalui proses unifikasi yang saat ini telah dipersiapkan PSSI.

“Sesuai amanat KLB persoalan yang dihadapi pemain timnas seperti Evan Dimas dan Andik Vermansyah yang masih memperkuat klub di liga amatir akan diselesaikan melalui (kebijakan) unifikasi PSSI” tegas Roy Suryo belum lama ini.

Kepada Evan Dimas dan kawan-kawan yang masih berstatus sebagai pesepakbola di liga amatir, Roy Suryo berpesan agar tidak terlalu terpancing dalam dilema persoalan tersebut.

Sebaliknya seluruh pemain timnas yang berada di kelompok U-19 untuk berkonsentrasi mempersiapkan diri menghadapi pertandingan selanjutnya hingga diselenggarakan final Piala AFC yang akan digelar di Myanmar tahun depan (2014).

“Kami berharap kepada semua pihak agar bisa menahan diri dengan tidak melontarkan pernyataan yang justru bisa merugikan persiapan timnas. Tidak ada pemain kita (timnas) yang berstatus ilegal dan semacamnya” pungkas Roy Suryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda