Scroll to Top

7 Kesalahan Saat Masak yang Mengubah Vitamin Jadi Tak Berguna

By C Novita / Published on Monday, 21 Oct 2013

ubi goreng

Makanan alami pada dasarnya semua sehat dan mengandung berbagai vitamin dan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Sayangnya, karena kesalahan saat mengolah makanan tersebut, vitamin yang dikandungnya malah rusak dan tak bermanfaat, bahkan jadi bahan merugikan.

Bagaimana cara masak yang merugikan tersebut? berikut seperti dilansir dari laman Huffington Post:

  1. Menggoreng ubi jalar terlalu lama. Ada banyak kandungan zat bermanfaat dalam ubi jalar, yaitu vitamin A, beta-karoten, juga antioksidan yang baik bagi kesehatan. Namun bila Anda mengolahnya dengan cara menggoreng, maka kemungkinan besar vitamin yang ada akan rusak. Apalagi minyak yang digunakan bisa menambah tumpukan lemak dalam tubuh Anda. Cara pengolahan yang baik adalah dengan dikukus.
  2. Saus barbeque terlalu banyak. Daging yang dipanggang ala barbeque adalah sumber protein dan zat besi yang baik. Namun saus berlebih yang Anda gunakan dapat membuat nilai gizinya hilang, bahkan berubah menjadi racun karena gosong serta karsinogen.
  3. Popcorn mentega. Popcorn jagung sebenarnya sangat sehat karena ada antioksidan, serta, dan rendah kalori. Namun tambahan menteganya bisa meningkatkan kadar kolesterol dan kalori.
  4. Sirup dalam air putih. Air putih saja adalah hal yang menyehatkan. Namun bila Anda tambahi sirup dengan perisa dan pemanis buatan lainnya, maka akan menjadi hal yang tak lagi sehat.
  5. Sandwich telor siap saji. Bila Anda terbiasa sarapan dengan menu sandwich telor dari restoran waralaba, itu bukan lagi sehat namanya. Ada banyak tambahan jenis bahan seperti natrium, penyedap rasa, minyak goreng, dan campuran lain yang jelas tak sehat. Membuat sendiri akan lebih sehat.
  6. Yogurt rasa buah. Yogurt adalah minuman sehat. Namun jika telah diberi berbagai macam tambahan pemanis, atau perisa buah, maka itu bisa jadi mengganggu kesehatan.
  7. Keripik buah dan sayur. Buah seperti apel, mangga, nanas dan lainnya adalah makanan sehat. Namun bila Anda pilih yang telah diolah menjadi keripik, maka bisa dipastikan ia telah kehilangan sebagian besar zat bermanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda