Scroll to Top

Google Bakal Tayangkan Iklan FB, Bagaimana Privasi Pengguna?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 21 Oct 2013

iklan google

Google dan FB memang dikenal tak akur. Namun kali ini mereka kompak soal iklan. Iklan Facebook bakal ditayangkan oleh Google. Pertanyaan menarik kemudian, bagaimana soal privasi pengguna?

Google miliki layanan penempatan iklan yang bernama DoubleClick. Layanan ini beberapa waktu lalu mengumumkan jika mereka akan sediakan layanan serupa untuk Google.

Tak pernah akur soal layanan, keduanya juga sejatinya selalu bersaing soal iklan. Pada bulan Juli 2012 lalu Google mengakuisisi Wildfire, sebuah agen pemasaran media sosial yang kerap membuat kampanye iklan di Facebook.

Sementara itu Facebook juga tak mau ketinggalan. Tahun ini mereka lakukan akuisisi pada Atlas, server iklan yang menjual ads di jaringan iklan Google. Sejatinya keduanya saling ‘tusuk’ satu sama lain.

“Kami sangat gembira untuk mengumumkan cara baru untuk membantu klien kami berhasil dengan bekerja sama dengan Facebook,” tulis Payam Shodjai, Senior Product Manager Google, menulis dalam posting blog.

Yang menarik kemudian adalah soal privasi. Baik Facebook dan Google sejatinya dirudung kasus yang sama. Terkini, Google malah memutakhirkan kebijakan privasinya untuk tampilkan foto pengguna di iklan mereka.

Facebook pun bahkan lebih parah. Mereka telah lakukan itu jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan, akibat kasus iklan ini hingga dibawa ke meja hijau. Facebook harus membayar jutaan dollar sebagai ‘uang damai’. Bagaimana persoalan privasi pengguna ini jika kedua raksasa internet ini bergabung soal iklan?

Facebook sendiri miliki fitur iklan bernama FBX yang diperkenalkan tahun lalu. Program ini memungkinkan pengiklan untuk gunakan cookie di browser pengguna dan kemudian menarget ulang para pengguna ketika masuk kembali ke Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda