Scroll to Top

Smartphone Bikin Orang Malas Jalan Kaki

By Ibnu Azis / Published on Monday, 21 Oct 2013

Jalan Kaki

Teknologi hadir untuk memudahkan pekerjaan, menghemat waktu, dan berikan segala dampak positif lainnya. Namun, teknologi juga miliki efek negatif salah satunya membuat orang malas jalan kaki. Dan teknologi yang dimaksud jika dikerucutkan bakal merujuk ke smartphone.

Inilah yang nampak dalam sebuah survei di Inggris baru-baru ini. Dilaporkan CNET News, imbas dari teknologi membuat orang kian malas berpergian. Alasannya pun wajar. Sebab, semua bisa dilakukan dalam genggaman tangan.

Dari survei yang disponsori oleh perusahaan asuransi Bupa merilis data jika orang Inggris berusia antara 18 hingga 24 tahun hanya berjalan jika mereka benar-benar harus. Sekitar 25 persen diantaranya bahkan hanya berjalan 5 menit dalam sehari.

Di rentang usia tersebut mereka kerap habiskan waktu di rumah, berbaring di ranjang. Menutup tirai, dan tenggelam dalam perangkat teknologi. Alasan yang terkuak cukup masuk akal. Secara logika, mengapa harus ke kantor pos jika bisa mengirim email via ponsel? Mengapa pula harus bertemu orang jika bisa bercengkrama di media sosial?

Para peneliti yang terlibat di riset ini pun keluarkan pernyataan sindiran. Mereka yang enggan menggerakkan kakinya bukan karena persoalan adiktif teknologi. Melainkan, tak miliki pasangan.

“Penjelasan utama soal ini karena mereka tak punya seseorang untuk diajak berjalan,” jelas peneliti itu.

Sejurus dengan penelitian itu, Bupa merilis sebuah aplikasi yang bernama Ground Miles. Aplikasi ini akan memonitor aktivitas langkah seseorang. Semacam tracking jarak tempuh yang akan tampilkan informasi terkait, sejenis aplikasi smartphone untuk kebugaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda