Scroll to Top

Begini Tandanya Saat Seseorang Terkena Stroke

By Ilham Choirul / Published on Monday, 21 Oct 2013

stroke
Stroke terjadi karena kurangnya suplai darah ke otak. Akibatnya fungsi otak menjadi terganggu. Faktor pencetusnya banyak dan saling berhubungan. Mialnya hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, dibetes, hingga penyakit jantung.

Sebaiknya orang yang terkena stroke mendapatkan penanganan maksimal tiga jam setelah muncul tanda serangan. Beberapa tanda serangan stroke yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya mati rasa pada salah satu sisi wajah. Untuk tersenyum pun akan susah dalam kondisi ini. Jika ini Anda rasakan segera saja minta bantuan untuk ditangani secara medis di rumah sakit.
  2. Ketidakmampuan untuk mengangkat salah satu atau kedua lengan. Hal yang dirasakan seakan lengan menjadi lumpuh. Cara mengeceknya yaitu mengangkat lengan pasien agak tinggi lalu melepaskannya. Jika jatuhnya terlihat tidak punya tenaga kemungkinan karena serangan stroke.
  3. Sulit berbicara. Kebanyakan serangan stroke menyebabkan penderitanya mengalami cadel. Dia sulit mengucap kata yang memakai huruf “R”. Selain itu, dia tidak mampu membalas percakapan dengan benar. Dia terlihat kebingungan.
  4. Kehilangan keseimbangan. Penderita stroke kerap ditemui sulit untuk menyeimbangkan tubuhnya. Organ tubuh yang dipakai untuk bergerak tidak terkoordinasi dengan baik.
  5. Sakit kepala yang terasa menyakitkan. Umumnya ini menjadi tanda dari jenis stroke hemoragik. Penderita mendadak mengalami denyut kepala yang terasa amat sakit tanpa ditemukan alasan penyebabnya.
  6. Kehilangan memori jangka pendek. Dia tidak mampu mengingat hal-hal yang telah dilakukan dalam jangka pendek.
  7. Menurunnya kemampuan melihat. Saat terkena stroke, biasanya pandangan menjadi lebih kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda