Scroll to Top

Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

By Ilham Choirul / Published on Monday, 21 Oct 2013

mata hitam

Tidak semua lingkaran hitam pada mata disebabkan oleh kurang tidur. Padahal ada banyak penyebab yang kemungkinan menjadi pemicunya. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa hal yang mungkin menimbulkan masalah lingkaran hitam di mata:

  1. Penuaan. Ketika umur sudah beranjak tua biasanya diawali dengan tanda penuaan di sekitar mata. Area ini memang punya kulit tipis dan halus. Pembuluh darah akan lebih menonjol sehingga berkesan munculnya lingkaran hitam.
  2. Faktor genetik. Penyebab ini tidak bisa ditolak oleh siapapun. Jika memang gen memutuskan bagi Anda memiliki lingkaran mata, maka itu terjadi secara alami.
  3. Kurang gizi. Gizi yang memengarugi lingkaran hitam pada mata adalah vitamin A, C, K, E, dan nutrisi lainnya. Pastikan Anda memiliki kecukupan gizi seimbang.
  4. Kurang tidur dan mengalami kelelahan. Kurang tidur dan lelah membuat kulit enjadi pucat. Pembuluh darah di area bawah mata terlihatlebih biru atau gelap.
  5. Merokok dan minum alkohol. Kedua benda tersebut memengaruhi terjadinya lingkaran hitam di mata. Dehidrasi dan keracunan bisa muncul dengan mengonsumsi kedua benda ini.
  6. Paparan sinar matahari. Sinar matahari yang terpapar ke kulit cukup lama membuat kandungan melanin di sekitar mata menjadi tinggi. Ini menyebabkan epidermis tampak coklat dan jika kandungan melanin lebih banyak lagi akan menjadikan kesan kebiru-biruan.
  7. Perubahan hormonal. Lingkaran hitam di mata kerap dialami pada saat hamil dan menstruasi akibat ketidakstabilan produksi hormon.
  8. Alergi. Alergi tertentu bisa menyebab mata gatal. Ketika area mata digaruk dapat menimbulkan kesan lingkaran gelap pada mata.
  9. Faktor lain adalah anemia, penyakit liver, dan dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda