Scroll to Top

Jus Ditambah Gula itu Tidak Sehat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

minum jus dengan gula itu tidak baik

Minum jus sangat menyehatkan. Kandungan gizi dari buah-buahan atau pun sayuran bermanfaat bagi kebaikan tubuh. Tapi, ada juga jus yang justru merugikan kesehatan.

Peneliti dari Australia melakukan survey kepada 2.200 orang untuk melihat efektivitas buah, sayuran, dan jus dalam mencegah terjadinya kanker usus besar. Selama dua tahun, responden diamati dalam mengonsumsi sayur, buah, dan jus. Hasilnya, ternyata yang hanya mengonsumsi jus memiliki risiko kanker colon lebih besar.

Penyebab jus menjadi tidak sehat tersebut adalah sering ada penambahan gula yang cukup banyak. Saat jus disajikan dalam bentuk kemasan, banyak pula kandungan gizinya yang hilang. Dengan demikian, lebih disarankan mengonsumsi buah secara langsung. Kecuali, Anda membuat dan mengonsumsi jus tanpa tambahan gula.

Dalam Journal of the American Dietetic Association, disebutkan, minum jus yang tidak sehat tiga kali sehari, memiliki peluang lebih besar mengalami kanker anal. Gula yang berlebihan dalam jus dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Serat, vitamin C, dan antioksidan yang mungkin hilang dalam pemrosesan jus, tidak dapat menghalau potensi tumbuhnya sel kanker tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda