Scroll to Top

FB Malware Goda Pengguna Lewat Video Ayu Ting Ting Melorot

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 22 Oct 2013

Facebook

FB malware terkini hadir untuk ‘menggoda’ pengguna dalam sebuah postingan yang menklaim menyematkan video Ayu Ting Ting Melorot. Untunglah Facebook segera bertindak mengantisipasinya.

Di sebuah postingan yang bertajuk ‘Ayu Ting Ting Melorot!” itu tersemat deskripsi jika Ayu Ting Ting bajunya melorot saat ditonton pejabat daerah. Judul dan deskripsi yang sangat provokatif. Tak ayal jika banyak pengguna tertarik untuk menkliknya.

Ayu Ting Ting Melorot

Tatkala pengguna menklik post tersebut, maka secara otomatis korban akan lakukan FB Like/Recommend. Tanpa persetujuan pemilik akun, pengguna akan memosting di timeline mereka sendiri secara otomatis.

Facebook ternyata mengetahui akan hal ini. Mereka segera bertindak dengan tampilkan laman konformasi pasca aksi klik dilakukan. Sehingga, pengguna diyakinkan kembali apakah benar-benar ingin berbagi konten yang telah diklik.

Sehingga, pemilik akun harus mengonfirmasi dirinya sendiri sebelum benar-benar menklik Like atau menyukai postingan terpilih. Nantinya akan muncul jendela baru yakni kotak Confirm Like.

Confirm Like

Akan tetapi cara ini tentunya akan efektif jika pengguna benar-benar mengerti dan sadar jika konten yang ia akan klik memang sebuah postingan ‘berbahaya’. Sebab, meski Facebook telah memperingatkan dengan Confirm Like, jika rasa antusias dan penasaran pengguna cukup besar, tetap saja tahap konfirmasi ‘jempol’ terlewati dengan mudah.

Ini berarti dibutuhkan kesadaran diri pada pihak pengguna agar tidak mudah tergiur dengan konten yang janjikan iming-iming tertentu. Tajuk menarik seperti ‘Ayu Ting Ting Melorot’ hanya satu diantara sekian postingan yang ingin mengelabui pengguna. Banyak post lain yang sengaja diciptakan guna tujuan terselubung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda