Scroll to Top

4G LTE Diharapkan Masuk Indonesia Mulai Tahun Depan

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 22 Oct 2013

4G LTE

Masa depan 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia temui titik temu. Akhir tahun nanti regulasi terkait bakal digodok. Jika memungkinkan teknologi tersebut diharapkan bakal segera hadir pada tahun depan.

Dikutip dari Liputan6, meski dibilang sangat terlambat namun apresiasi pemerintah patut diacungi jempol. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto berujar jika regulasi tentang 4G LTE akan dibahas pada akhir tahun nanti.

“Namun jangan berharap akhir tahun ini 4G LTE akan hadir,” jelasnya.

Ia menambahkan jika tahap pertama yang dilakukan adalah menggodok terlebih dahulu soal regulasinya. Seperti penyusunan keputusan menteri tentang peluang usaha 4G. Langkah ini juga dilakukan saat teknologi 3G hendak masuk ke Indonesia.

Di waktu yang hampir bersamaan pula pemerintah akan melakukan uji publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang 4G LTE. Saat ini ia tengah menyusun bagaimana rancangan dan peraturannya.

Sebelum animo 4G LTE ini muncul, sejatinya teknologi 3G sendiri peformanya belum maksimal. Menurutnya masih di prosentse 30 hingga 40 persen. Di lain pihak, operator segera mendesak agar 4G LTE untuk diadopsi.

“Industri itu unik, di satu sisi mereka minta 3G, tapi di sisi lain giliran sudah ada 4G mereka ngejar-ngejar pemerintah untuk LTE,” sambungnya.

Apabila teknologi 4G LTE jadi masuk ke Indonesia, maka masyarakat bisa merasakan kecepatan internet super kencang. 4G LTE miliki kemampuan unduh hingga 300 Mbps dan kemampuan unggah 75 Mbps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda