Scroll to Top

Dinding Kapur Ini Menyimpan 5.000 Jejak Kaki Dinosaurus

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 22 Oct 2013

cal-orcko

Di sebuah pabrik semen di Bolivia, terdapat situs yang sangat fenomenal. Bentuknya berupa dinding curam namun memiliki banyak tapak kaki milik dinosaurus. Jejak kaki ini jumlahnya mencapai 5.000 buah. Diperkirakan situs tersebut sudah ada sejak pasruh kedua dari periode Cretaceous. Situs langka itu diberi nama Cal Orcko.

Situs bisa ditemukan di pinggiran Kota Sucre. Di sana diperkirakan dulunya ditinggali oleh dinosaurus tipe pemakan daun (herbivora) dan pemakan daging (karnivora). Kemungkinan dulunya di sana adalah sebuah danau. Pasalnya, keadaan jejak kaki di dinding seperti kaki sedang menapak garis pantai yang lembut dengan cuaca hangat serta lembab. Bekas kaki ini memadat seiring dengan periode cuaca yang sangat kering.

Jejak kaki dinosaurus makin mengeras saat cuaca basah hadir kembali. Cetakan kaki makin memadat di bawah lumpur dan membentu sedimen. Setelah mengalami cuaca basah-kering selama tujuh kali, pemadatan jejak kaki tersebut akhirnya sempurna dan bertahan sampai sekarang. Tekanan tektonik dari dalam bumi membuat lapisan tanah terangkat dan membentuk dinding.

Dinding batu kapur Cal Orcko memiliki panjang 1,2 kilometer. Lebarnya mencapai 80 meter. Ada sekitar 462 jalur jejak kaki yang tercetak di sana. Situs ini diteukan pada 1985 oleh para penambang. Keberadaannya baru dianggap penting  pada rentang 1994-1998 setelah ahli paleontologi dari Swiss, Christian Meyer, menyelidiki dinding tersebut dan terungkap pemiliki jejak kaki tersebut.

Dalam studi para ilmuwan ditemukan banyak fakta tentang situs ini. Beberapa di antaranya yaitu beberapa bayi dinosaurus tumbuh ditemani oleh orang tua mereka. Bayi ini mendapat perlindungan dari orang tuanya. Ini terlihat dari dua baris jejak kaki besar yang diiringi jejak kaki kecil.

cal-orcko

cal-orcko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda