Scroll to Top

Mendefinisikan Kembali Apa Arti ‘Hacker’

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

Jika Anda tak mengetahui apa arti kata hacker maka silahkan lanjut membaca artikel ini. Dan jika jawabannya sudah, maka definisi ‘hacker’ yang saya cantumkan disini akan sedikit berbeda dengan apa yang ada di pikiran Anda, jadi teruslah membacanya :-).

Pada kasus umum ‘hacker’ dirumuskan sebagai seseorang yang secara sembunyi-sembunyi mencoba untuk masuk ke dalam sebuah sistem komputer. Bukan hanya sekedar untuk mencuri password email Anda atau menyabotase akun Facebook Anda.

definisi hacker
anda seorang hacker?

Terdapat hacker yang memang sengaja dipekerjakan oleh sebuah perusahaan besar untuk melindungi sistem komputer perushaan dari para hacker iseng. Ada pula hacker yang memang kerjanya melakukan aksi hanya untuk kesenangan belaka. Lebih nyelenh lagi ada pula para hacktivis yang tujuannya adalah melakukan protes atas kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Ada hacker yang memang dibayar untuk mendapatkan password, CAPTCHA, atau membobol akun untuk tujuan mendapatkan keuntungan. Lain lagi ada hacker yang bertujuan untuk mengeksploitasi, mempermalukan pihak tertentu. Semua definisi yang saya jelaskan diatas disebut sebagai’hacker’.

Kata ‘hacker’ selalu berkonotasi dengan hal yang negatif, kenapa? hal ini mungkin disebabkan banyak film yang mengekspos hacker dari segi negatifnya saja jadi pola yang terdapat di pikiran kita akan mendefinisikan hal yang sama pula. Untuk menangkis hal ini para hacker dari kubuh putih kemudian menciptakan sebutan lain yang lebih halus yang disebut sebagai ‘cracker’. Kata cracker diciptakan untuk melawan reaksi jurnalis yang mengartikan semua hacker sebagai kriminal.

Beberapa istilah hacker paling bagus didefinisikan oleh Eric Raymond, diantaranya adalah:

  1. Seorang yang sangat menikmati untuk mengeksplorasi program komputer dan mendorong kemampuan yang mereka miliki untuk melakukan hal yang berkebalikan dengan pengguna komputer pada umumnya.
  2. Seorang yang sangat antusias terhadap pemrograman komputer dibandingkan hanya dengan teori pemrograman itu sendiri.
  3. Seorang yang mampu untuk mengapresiasi hal-hal yang berkaitan dengan penerjangan ataupembobolan.
  4. Seorang yang mampu melakukan pemrograman dengan cepat.
  5. Seorang ahli dalam program tertentu.
  6. Seorang yang ahli atau antusias dibidang tertentu misalnya ‘astronomy hacker’.
  7. Seorang yang menikmati tantang intelektual, mampu memecahkan masalah
  8. secara kreatif, atau bekerja dengan sumber daya yang terbatas.
  9. Seorang yang mencampuri urusan orang lainnya (jahat) untuk menemuka informasi sensitif dengan cara menjelajahi sistem komputer untuk menemukan sandi hacker atau jaringan hacker. Kata yang benar untuk istilah ini adalah ‘cracker’.

Setelah melihat beberapa definisi hacker diatas Anda tergolong hacker yang mana? atau jangan-jangan Anda tertarik untuk menjadi hacker?

One thought on “Mendefinisikan Kembali Apa Arti ‘Hacker’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda