Scroll to Top

Fakta Ilmiah Dibalik Fenomena Segitiga Bermuda

By C Novita / Published on Wednesday, 23 Oct 2013

segitiga bermuda

Adanya berbagai kisah misteri mengenai hilangnya puluhan kapal dan pesawat terbang yang melintasi daerah Segitiga Bermuda menimbulkan spekulasi mengenai kekuatan mistis yang menghuni daerah tersebut. Namun para ilmuwan bukannya menyerah begitu saja dengan kepercayaan mengenai hal mistis di kawasan laut yang angker itu.

Penelitian ilmiah telah dilakukan dan menghasilkan banyak kesimpulan yang dapat diurai secara logika. Salah satunya adalah yang telah ditayangkan pada chanel Discovery & National Geograpic pata tahun 2011.

Dilansir oleh situs Indocropcircles, berbagai peristiwa hilangnya kapal dan pesawat terbang di masa lampau itu diakibatkan oleh gangguan mesin serta alat navigasi seperti kompas. Untuk mengingatkan, kompas dan alat navigasi yang digunakan pada waktu lampau mengandalkan magnet Bumi sebagai petunjuk arah utara dan selatan.

Fakta terkini menunjukkan bahwa dari citra satelit, infra merah dan alat lainnya yang dipakai memantau dan memindai wilayah Segitiga Bermuda, ada pusaran-pusaran lava panas yang jumlahnya cukup banyak dan besar di bawah wilayah laut tersebut.

Pusaran lava itu menghasilkan gelombang elektromagnet yang kuat, dan mampu mengganggu alat navigasi dari kapal dan pesawat yang melintas di atas daerah Segitiga Bermuda tersebut. Ingat, sebagian besar peristiwa hilangnya kapal dan pesawat terjadi di masa belum adanya alat navigasi canggih yang menggunakan bantuan satelit.

Hasilnya, pesawat dan kapal tersebut kehilangan arah, kehabisan bahan bakar karena berputar-putar tanpa arah, jatuh atau tenggelam. Kondisi laut di wilayah tersebut yang luas, dalam serta alat evakuasi yang terbatas menyebabkan tak ada korban selamat dapat ditemukan.

Perbandingan yang dapat diamati adalah, bahwa di saat ini hampir tak pernah terdengar kabar mengenai hilang atau jatuhnya kapal dan pesawat di daerah tersebut. Ini disebabkan sistem navigasi yang telah canggih saat ini, menggunakan sistem GPS dan dibantu oleh beberapa satelit yang memandu sistem transportasi.

Jadi, masih percaya mistis di Segitiga Bermuda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda