Scroll to Top

BBM di Android & iPhone vs WhatsApp Bagus Mana?

By Ditya / Published on Wednesday, 23 Oct 2013
Fitur BBM for Android
BBM di Android & iPhone

Saat ini pengguna smartphone Android dan iPhone tengah larut dalam euforia peluncuran aplikasi instant messenger BBM for Android & iPhone. Pertanyaan pun mulai muncul dari kalangan pengguna, yakni bagus mana BBM di Android dan iPhone dengan WhatsApp dkk? Berikut ini ulasannya.

BBM for Android telah dirilis kemarin dan mampu menyedot pengguna smartphone Android dan iPhone. Jutaan pengguna smartphone dari kedua platform ini mulai mengunduh BBM for Android di App Store dan Play Store. Lalu, apa istimewanya aplikasi BBM for Android dibandingkan dengan WhatsApp, Line, dan yang lainnya?

Salah satu kelebihan aplikasi BBM for Android & iPhone ini adalah memungkinkan pengguna smartphone Android dan iPhone untuk menggunakan aplikasi BBM yang sebelumnya tertutup hanya pada pengguna smartphone BlackBerry Messenger.

BBM for Android ini mengusung fitur yang lumayan banyak, sebut saja kemampuan multi-person chat, group chat, share gambar atau foto, mengirim suara melalui voice note, dan pengiriman pesan broadcast. BBM for Android juga dibekali fitur standar seperti smiley, status, foto profil, dan kemampuan menyimpan obrolan.

Sayangnya, fitur aplikasi BBM for Android ini masih terbilang miskin jika dibandingkan dengan kompetitornya yang telah lebih dulu bermain secara cross-platform, sebut saja WhatsApp, Line, Kakao Talk, dan WeChat.

BBM for Android ini tidak memiliki fitur video chat, voice call, mengirim lokasi pengguna, dan beberapa fitur lainnya yang sudah dimiliki oleh kompetitornya. BBM for Android juga hanya menyediakan smiley standar saja, padahal kompetitornya telah berinovasi dengan stiker yang unik dan lucu.

Seperti yang dilansir dari Android Police (21/10/2013), kehadiran BBM for Android oleh BlackBerry ini patut diapresiasi meski masih miskin fitur. Hal ini sebenarnya wajar mengingat rilis BBM for Android adalah rilis perdana. Mungkin saja BlackBerry akan menghadirkan fitur-fitur baru di masa depan. Semoga saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda