Scroll to Top

Oarfish: Ikan Langka yang Mampu Mendeteksi Gempa

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 23 Oct 2013

Oarfish

Oarfish, sebuah ikan langka beberapa waktu lalu ditemukan dalam kondisi hidup. Ikan yang mampu hidup di kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan air laut, disebut langka sebab kemampuannya yang luar biasa dalam mendeteksi gempa.

Jika dilihatr dari bentuknya, mungkin orang akan mengira jika ikan ini adalah sebuah ular laut. Atau bahkan ada yang menyebutnya monster. Pada tahun 1860, pertama kali ikan ini ditemukan di Pantau Bermuda. Kala itu ikan tersebut miliki panjang 5 meter.

Pada tahun 2011 lalu tatkala gempa dahsyat dan tsunami terjadi di Jepang, sistem keamanan yang ada memang mampu bekerja dengan baik. Banyak nyawa terselamatkan dam meminimalisir korban. Namun, teknologi itu masih kalah unggul dengan apa yang dimiliki Oarfish.

Kawanan Oarfish bahkan diyakini sudah merasakan adanya tanda-tanda ini satu pekan sebelumnya. Kawanan kelompok itu ditemukan terdampar di sepanjang pantai Jepang tujuh hari sebelum gempa dan tsunami menyapu kawasan pantai timur negeri Sakura itu.

Ikan-ikan Oarfish tak hanya ditemukan terdampar namun ada pula yang menyangkut di jaring nelayan. Sementara itu setahun sebelumnya, kawanan Oarfish juga kedapatan muncul di permukaan laut sebelum gempa dahsyat terjadi di Chili serta Haiti pada tahun 2010.

Fakta lain soal ikan ini adalah, sesungguhnya Oarfish tidaklah berbahaya. Ikan tersebut mengonsumsi plankton dan tak menyerang manusia. Bahkan, ikan ini tidak miliki gigi sungguhan. Ikan ini tak miliki sisik dan tubuhnya diselimuti semacam membran yang disebut guanine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda