Scroll to Top

Cara Invite PIN Pengguna di BBM for Android dan iPhone

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 23 Oct 2013

BBM Android

Bagaimana cara invite PIN pengguna di aplikasi BBM Android dan iPhone? Bagi pengguna Blackberry lama, mungkin tak akan menemui kendala. Tapi bagi pengguna baru bisa saja alami kesulitan.

PIN atau Personal Identification Number sejenis ‘KTP’ atau ID di BBM. Tiap pengguna BBM pasti miliki ID berupa kombinasi huruf dan angka. Contoh PIN BBM misalkan 749BE0B2.

Untuk menambah kontak BBM, baik itu di Blackberry, Android, dan iPhone membutuhkan kehadiran PIN. Ini sangat berbeda di aplikasi pesan instan lain macam WhatsApp, LINE, KakaoTalk, atau LINE.

Di pelbagai aplikasi pesan instan itu cara penambahan teman atau kontak hanya dengan memindai nomor telepon yang tersimpan di buku alamat ponsel. Jika sudah terpindai, aplikasi tersebut akan sarankan teman baru atau teman lama dari buku alamat itu yang menggunakan aplikasi pesan instan terkait.

Di BBM proses pemindaian ini tidak ditemui. Alhasil pengguna harus menambahkan kontak atau PIN secara manual satu demi satu. Memang melelahkan tapi begitulah adanya. Tak ada opsi lain kecuali memulihkan (restore) kontak dari pengguna BBM lama.

Untuk melakukan invite PIN BBM, sila buka aplikasi BBM Android dan tap opsi disamping tab Groups untuk membuka opsi baru. Setelah di sidebar kanan layar muncul opsi baru, sila tap Invite to BBM atau seperti gambar di bawah ini.

PIN Invite

Jika sudah akan muncul menu baru dan pilih Invite by PIN. Setelah itu sila masukkan PIN yang akan di-invite, misalkan saja 749BE0B2, laku klik Send. Lantas, tinggal menunggu saja jika PIN telah di accept pemiliknya atau ditambahkan nanti akan tertampil di tab Contacts.

Untuk lebih jelasnya sila simak video panduan dari Blackberry di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda