Scroll to Top

Firman Utina, Jenderal Lapangan yang Mulai Ditinggalkan Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Wednesday, 23 Oct 2013

Firman Utina

Firman Utina tampil cukup apik saat Indonesia Red menaklukkan United Red dengan skor  7-6 pada laga persahabatan bertajuk Battle of Red di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (23/10/2013) malam. Peranan Firman Utina yang berposisi sebagai jenderal lapangan tengah, termasuk saat masih menjadi andalan Timnas Indonesia, memang cukup vital.

Namun, sejak Timnas Indonesia senior ditukangi oleh Jacksen F. Tiago, nama Firma Utina mulai ditinggalkan dan jarang dipanggil lagi ke skuat tim Garuda. Jacksen F. Tiago lebih senang memainkan anak asuhnya di Persipura, Imanuel Wanggai, untuk mengisi posisi yang semula ditempati oleh Firman Utina.

Meskipun tampil cukup apik bersama Persib Bandung di Indonesia Super League (ISL) 2013, namun Jacksen F. Tiago tak juga memanggil kembali Firman Utina ke tim Merah-Putih.

Nama besarnya kalah dengan para gelandang pilihan pelatih asal Brasil itu, seperti Imanuel Wanggai, Ian Kabes, Taufiq, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, Ahmad Jufrianto, bahkan dari Vendry Mofu, Slamet Nurcahyo, Yustinus Pae, atau Juan Revi yang kini lebih sering mengisi lini tengah Timnas Indonesia ala Jacksen F. Tiago.

Padahal, peran dan karakter Firman Utina jelas berbeda dengan para gelandang pilihan Jacksen F. Tiago tersebut. Gaya mainnya yang tenang ibarat pemimpin orkestra di lapangan tengah, ditambah kemampuannya dalam memberikan umpan-umpan terukur bagi para penyerang, adalah kelebihan yang khusus dimiliki oleh Firman Utina.

Firman Utina sendiri telah 53  kali memperkuat Timnas Indonesia senior selama karirnya. Selain itu, gelandang berusia 31 tahun ini sudah merumput dengan klub-klub papan atas di kompetisi nasional, termasuk Persita Tangerang, Arema Indonesia, Pelita Jaya, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, hingga Persib Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda