Scroll to Top

HIV AIDS: Tanda dan Gejalanya

By C Novita / Published on Thursday, 24 Oct 2013

hiv aids

Informasi yang jelas dan lengkap tentang penyakit menular dan berbahaya yang disebabkan oleh virus HIV AIDS, dapat menghindarkan Anda dari terinfeksi. Human Immunodeficiency Virus atau singkatnya HIV hingga kini masih jadi salah satu penyakit mematikan yang belum ditemukan obatnya.

Untuk itu, mengenali gejala dan tanda awal bila seseorang terinfeksi virus HIV tersebut diharapkan dapat menyelamatkan nyawa penderita dan menghindarkan dari terjadinya penularan kepada pihak lain lagi.

Nah, apa saja tanda dan gejala bila seseorang sudah terinfeksi virus HIV AIDS? Berikut diantaranya:

  • Demam lama. Salah satu tanda yang kerap hadir bila seseorang terinfeksi virus adalah ia akan mengalami demam. Suhu tubuh meningkat, dan itu terjadi dalam waktu lama. Mengonsumsi obat penurun panas tidak akan menghentikan demam, walau bisa menurunkan panas tubuh untuk sementara.
  • Mudah lelah, dan terserang batuk kering. Infeksi virus akan menyebabkan tubuh seseorang jadi lemah. Ia mudah lelah, dan sering mengalami batuk kering tanpa dahak.
  • Kulit menjadi kering. Kulit penderita akan kering, terlihat bersisik, kadang disertai gatal-gatal dan mudah terkelupas.
  • Mual dan pusing. Penderita akan mengalami mual-mual, sebab pengaruh virus dalam tubuhnya. Mereka juga kerap sakit kepala di malam hari.
  • Hilang nafsu makan. Berbagai hal di atas makin lengkap dengan hilangnya selera makan penderita. Itu sebab mengapa berat badan mereka akan menurun secara drastis.
  • Ruam. Dibeberapa tempat kulitnya akan terlihat ruam kulit, warna kulit menjadi kemerahan dan bila digaruk akan perih.
  • Bengkaknya kelenjar getah bening. Hampir mirip seperti saat seseorang terserang virus flu, kelenjar getah bening orang yang terinfeksi virus HIV AIDS juga akan bengkak. Bisa diraba di sisi leher, akan terasa sakit bila dipijat.

Apabila berbagai gejala itu terlihat dalam diri seseorang, waspada dan segeralah bawa ke pihak medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda