Scroll to Top

Ikon BBM di Android Jangan Dinonaktifkan, Biarkan Tetap Muncul

By Ibnu Azis / Published on Friday, 25 Oct 2013

BBM

Ada yang nongol di status bar Android setelah BBM di-install. Sebuah ikon BBM untuk Android yang secara otomatis muncul pasca aplikasi ini dibuka. Disarankan, jangan hilangkan atau dinonaktifkan ikon ini. Mengapa demikian?

Google miliki sebuah regulasi yang mewajibkan tiap aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) untuk memberikan sebuah tanda khusus. Ini dilakukan agar pengguna mengetahui jika ada aplikasi yang sedang berjalan meski ditutup (close).

Regulasi tersebut diterapkan untuk ’melawan’ aplikasi yang terus berjalan atau menghabiskan baterai tanpa sepengetahuan atau disadari pengguna. Dengan tanda tersebut pengguna bisa mengetahui ada aplikasi apa saja yang masih sedang berjalan.

Tidak sedikit pengguna yang mengeluh soal kehadiran tanda ikon ini. Sebab, kehadirannya akan memenuhi status bar. Sedangkan status bar adalah tempat untuk tampilkan notifikasi. Jika terlalu penuh maka notifikasi yang masuk tidak akan ditampilkan seluruhnya kecuali menyapu status bar ke bawah.

Di Setting BBM Android, Blackberry sediakan opsi untuk menghilangkan atau menonaktifkan ikon tersebut. Namun, jangan lakukan itu. sebab, bisa saja Anda tidak akan menerima notifikasi BBM secara real time.

Misalkan saja ada yang menghubungi Anda (chat), ada yang meng-PING!!! Anda, atau ada yang memasukkan Anda ke kontak (invite). Jika tanda itu dihilangkan seluruh pemberitahuan yang ada akan dijumpai ketika aplikasi BBM Android dibuka kembali.

Saat aplikasi BBM ditutup namun ikon tetap muncul sejatinya sistem aplikasi itu masih berjalan dan ‘memakan’ RAM. Bahkan, jika ikon itu dinonaktifkan sejatinya sistemnya masih juga berjalan.

Akan tetapi, saat sitem membutuhkan RAM tambahan bisa saja aplikasi ini menutup sendiri secara otomatis. Sehingga aplikasi BBM benar-benar akan tertutup dan pengguna tak akan bisa menerima notifikasi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda