Scroll to Top

Pemberian Vaksin Flu Dapat Mencegah Penyakit Jantung

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Oct 2013

vaccine-injection

Studi terbaru menemukan bahwa vaksin flu dapat menguragi risiko serangan jantung dan stroke. Dikutip Times of India, persentase penurunan  risiko hingga lebih dari 50 persen. Hal ini menjadi kabar baik bagi orang-orang yang berisiko memiliki riwayat serangan jantung.

Kesimpulan ini diambil setelah peneliti melakukan kajian terhadap enam uji klinis kesehatan jantung pada relawan yang telah menerima vaksin flu. Di dalamnya termasuk 6.700 pasien yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung.

Dalam analisanya, peneliti mendapati bahwa vaksin flu menurunkan risiko masalah jantung utama sebesar 36 persen pada satu tahun kemudian. Masalah antung tersebut meliputi serangan jantung, stroke, gagal jantung, atau kematian yang berhubungan dengan jantung.

Di samping itu, mereka juga memiliki 55 persen lebih rendah untuk mendapatkan risiko serangan jantung baru bagi yang pernah mengalaminya. Dan, dimungkinkan mereka meninggal bukan karena masalah pada jantung.

Dr Jacob Udell, peneliti di Universitas Toronto, ini, juga mengatakan orang-orang mungkin akan semakin berkurang risiko terkena masalah jantung ketika vaksin flu yang diberikan lebih kuat dibanding vaksin-vaksin flu standar. Dan, ini memberikan dampak positif bagi pasien.

Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda