Scroll to Top

Inilah Rempah-Rempah yang Menyehatkan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Oct 2013

jahe

Rempah-rempah yang sering ada di dapur tidak hanya akan melezatkan masakan. Sebenarnya kekayaan alam ini berguna juga sebagai obat alami. Dikutip dari She Knows, di antara berbagai jenis rempah tersebut ini manfaatnya:

  1. Jahe. Di balik nikmatnya jahe untuk dijadikan minuman, terkandung manfaat untuk meredakan otot yang lelah. Usai berolahraga atau saat mendapati otot terasa pegal, makan jahe bisa mengembalikan kebugaran otot sebesar 25 persen untuk dalam 11 hari konsumsi. Jahe juga memiliki antioksidan setara satu cangkir bayam untuk satu sendok versi bubuknya. Di saat mengalami morning sickness, sakit perut, flu, atau radang, jahe bisa dipakai untuk obat. Sementara itu bagi penyandang arthritis, rasa sakitnya bisa dikurangi dengan konsumsi jahe. Demikian menurut studi dari Universitas Georgia.
  2. Kayu manis. Menambahkan kayu manis pada makanan atau minuman berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Rempah ini dapat memperbaiki mood, mengurangi stres dengan aromanya, hingga meningkatkan kemampuan mengingat dan konsentrasi otak.
  3. Kunyit. Kunyit memiliki khasiat menakjubkan bagi liver. Dia berfungsi sebagai hepatoprotektor sehingga melindungi dari penyakit yang menyerang liver. Kunyit dikenal pula memiliki zat antiradang, antibiotik, melawan kanker, hingga mencegah penyakit Alzheimer.
  4. Jinten hitam. Rempah – yang dalam pengobatan thibbun nabawi dikenal dengan habbatussauda – ini telah lama dipakai sebagai penambah nikmatnya masakan. Satu sendok teh rempah ini memiliki zat besi 4 miligram sehingga baik untuk mencegah anemia. Jinten baik pula untuk mengingkatkan kerja pencernaan, memperbaiki kualitas tidur, antiseptik, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kaya vitamin E.
  5. Cabai rawit. Di balik pedasnya cabai rawit ternyata punya segudang manfaat. Cabai akan meningkatkan energei dengan meningkatkan proses metabolisme. Artinya pula, cabai berguna untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kekebalan tubuh ikut meningkat. Dua sendok teh cabai bubuk memberikan 47 persen dari angka kebutuhan vitamin A. Jika hidung tersumbat, makan cabai rawit bisa meringankannya.
  6. Cengkeh. Rempah asli Indonesia ini dapat dipakai untuk melawan infeksi jamur, pilek, antibakteri, dan meringankan batuk. Cengkeh baik pula sebagai pelawan rasa sakit di gigi, menenangkan sakit tenggorokan, dan mengobati asma. Selain itu bagi pencernaan, cengkeh dapat mencegah kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda