Scroll to Top

Surface Pro 2 Dibongkar, Sulit Diperbaiki Jika Rusak

By Ditya / Published on Friday, 25 Oct 2013
Surface Pro 2
Surface Pro 2 Dibongkar

Tak lama setelah tablet Surface Pro 2 dirilis oleh Microsoft, iFixit segera melakukan pembongkaran terhadap tablet terbaru tersebut. Tablet Surface Pro 2 besutan Microsoft ini ternyata masih membawa sifat yang sama dengan Surface Pro generasi pertama, yakni sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Seperti yang kita ketahui, iFixit adalah situs yang rajin melakukan pembongkaran terhadap gadget terbaru, termasuk tablet dan smartphone. iFixit kali ini membongkar tablet Microsoft Surface Pro 2 untuk mengetahui komponen yang digunakan dan kemampuan repairability-nya.

Tablet Surface Pro 2 ini mencetak skor 1 dari 10 poin maksimal berdasarkan penilaian iFixit. Ini berarti tablet Surface Pro 2 ini sangat sulit diperbaiki jika ada salah satu komponen yang rusak atau harus di ganti. Secara umum, struktur komponen yang menyusun Surface Pro 2 ini sangat sulit dibongkar.

iFixit juga mengatakan bahwa baterai tablet Surface Pro 2 ini telah disolder di motherboard, sehingga jika ingin mengganti baterai harus membongkar tablet tersebut dan halk tersebut bukanlah hal yang mudah. Begitu juga dengan komponen SSD (Solid State Drive) yang bisa diganti, tetapi harus melalui langkah-langkah yang rumit.

Tablet Surface Pro 2 ini memiliki kaca yang menyatu dengan panel LCD, hal ini memang mampu mengurangi ketebalan tablet secara keseluruhan. Namun, menyatunya panle LCD dengan kaca ini membuat pengguna harus mengganti seluruhnya bila salah satu diantaranya rusak.

Menurut iFixit, tablet Surface Pro 2 ini memang solid, tetapi konstruksi nya rumit dan diperlukan keahlian yang matang, serta konsentrasi ekstra ketika membongkar Surface Pro 2. iFixit juga mengatakan bahwa pada Surface Pro 2 terdapat lebih dari 90 sekrup yang harus dilepas untuk membongkarnya.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (24/10/2013), iFixit juga mengatakan bahwa setelah berhasil membongkarnya, maka saat menyatukannya kembali juga merupakan hal yang cukup sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda