Scroll to Top

Volkswagen Rilis Mobil Paling Irit Bahan Bakar

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Oct 2013

vw-xl1

Volkswagen (VW) XL1 adalah mobil hybrid terbaru dari VW yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar paling tinggi saat ini. Pasalnya, untuk menempuh jarak hingga 100 kilometer hanya diperlukan konsumsi bahan bakar 0,9 liter. Otomatis hal ini mereduksi emisi karbon yang hanya 20 gram per kilometernya. Kabar baiknya, VW XL1 segera dipasarkan meskipun jumlahnya sangat terbatas.

VW hanya akan membuatnya sebanyak 250 unit. Sekitar 50 unit dari VW XL1 sudah selesai. Namun pemasarannya tersedia untuk pasar Eropa saja. Harganya sangat luar biasa, karena per unit mencapai kisaran Rp 1,8 miliar.

“Ini bukan harga yang pasti saat ini. Tapi kami mungkin menjualnya sekitar 100 ribu pound,” ungkap manajer pers dan humas Volkswagen Inggris, Kate Thompson, seperti dikutip Antara.

VW XL1 memadukan antara mesin disel dan motor listrik. Mesin diselnya memiliki dua silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 35 kW. Sementara motor listriknya memasok tenaga hingga 20 kW. Soal akselerasi, untuk digeber dari kecepatan 0 sampai 100 kilometer per jam, VW XL1 perlu waktu 12,7 detik. Kecepatan rata-rata maksimal yang bisa ditempuh kendaraan ini adalah 160 kilometer per jam.

Bodinya juga menawan. VW XL1 memiliki konsep futuristik. Bodinya menutupi lebih dari separuh pada ban belakang. Selain itu diterapkan pula sasis yang berbahan serat karbon dan terdapat panel bodi. Sayangnya mobil hijau ini tidak semua orang mampu memilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda