Scroll to Top

Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Oct 2013

intim

Kebersihan organ intim wanita wajib selalu dijaga. Lubang vagina sangat rentan sebagai jalan masuknya berbagai penyebab penyakit mulai dari bakteri, jamur, hingga virus. Penyakit yang  dapat ditimbulkan oleh ketiga penyebab tersebut mulai dari yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, Anda mesti selalu waspada dengan memerhatikan kebersihannya.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini beberapa cara untuk membuat area vagina tetap higienis:

  1. Ketika akan membersihkan area vagina, lakukan dari arah depan ke belakang. Ini akan mencegah masuknya bakteri dari anus ke dalam vagina yang bisa menimbulkan penyakit. Gunakan tisu yang bersih untuk melakukannya.
  2. Ganti pembalut yang dipakai setiap 6-7 jam sekali. Pembalut yang lembab menjadi sarang bakteri. Jika dibiarkan terlalu lama dapat menginfeksi area kemaluan.
  3. Hndari memakai sabun mandi untuk membersihkan vagina. Bahan kimia di dalamnya bisa menimbulkan ketidaknyamanan alat vital. Kadar pH di vagina juga mungkin menjadi tidak stabil. Lebih baik menggantinya dengan sabun antibakteri.
  4. Hindari memakai celana dalam berbahan sistetis. Jenis bahan ini bisa mengiritasi vagina. Lebih tepatnya pakailah yang dari bahan katun. Selain bahan ini lebih ringan, juga lebih nyaman dan bisa kering degan cepat.
  5. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dengan sabun khusus untuk organ intim tersebut. Hanya saja jangan berlebihan memakai sabun agar tidak iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda