Scroll to Top

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi: Duel Demi Ballon d’Or

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 26 Oct 2013

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi: Duel Demi Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo akan bertarung dengan seteru abadinya Lionel Messi dalam El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid pada Sabtu, 26 Oktober 2013. Pertarungan ini tidak hanya menentukan nasib kedua klub, tetapi juga bukan tidak mungkin menentukan nasib keduanya dalam perebutan Ballon d’Or.

Gelar pemain terbaik dunia tahun ini dipastikan agak berbeda dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Jika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nyaris selalu diunggulkan, kini ada nama Franck Ribery (Prancis/Bayern Munchen) yang dari segi pencapaian prestasi lebih gemilang daripada keduanya.

Alhasil, mencetak gol dan meraih kemenangan di El Clasico akan membuat salah satu dari Messi atau CR7, bisa kembali dilirik untuk bersaing dengan bintang yang membawa Munich meraih treble winners musim lalu.

Jika melihat dari empat laga El Clasico terakhir, Cristiano Ronaldo lebih unggul daripada King Leo. Sepanjang waktu itu, kekasih Irina Shayk mencetak 4 gol, sedang La Pulga baru tiga. CR7 juga sukses membawa Madrid meraih 2 kemenangan, sedang Leo Messi nol kemenangan.

Kemudian, jika dilihat dari torehan gol musim ini, lagi-lagi Cristiano Ronaldo lebih baik. Faktor cedera membuat Leo Messi baru bermain 11 kali. Dari jumlah laga tersebut, ia mengemas 12 gol. Akan halnya CR7, secara sensasional mencetak 15 gol hanya dari 12 pertandingan bersama Real Madrid sepanjang awal musim.

Namun, perbedaan mendasar saat ini adalah dukungan dari rekan-rekan satu tim. Barcelona, tetap menjadi tim yang sama kuat ketika King Leo absen. Berbeda halnya dengan Madrid yang kerap membutuhkan CR7 sebagai kunci kemenangan. Dari segi konsistensi permainan, kubu Tata Martino, dengan perkecualian kemandulan mereka di depan gawang, juga lebih stabil bermain apik daripada Real Madrid yang para gelandangnya sempat ‘hilang’ di awal-awal era Carlo Ancelotti.

Lalu, siapa yang akan menjadi tokoh utama di El Clasico Jilid I? Apakah Lionel Messi membantu Barcelona meraih kemenangan pertama dalam enam laga melawan Madrid? Atau Cristiano Ronaldo yang memperpanjang rekor kegemilangan Los Blancos dari sang rival?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda