Scroll to Top

Tablet Tizen Pertama Diluncurkan di Jepang, Khusus untuk Pengembang

By Ditya / Published on Saturday, 26 Oct 2013
Tablet Tizen
Tablet Tizen

Tablet dengan sistem operasi Tizen pertama telah diluncurkan di Jepang, tetapi tablet tersebut tidak membidik konsumen, melainkan para pengembang. Tablet berbasis sistem operasi Tizen tersebut diluncurkan di Jepang oleh produsen bernama Systena.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Sistem operasi Tizen OS ini menggunakan antarmuka yang dibuat dengan HTML5, sama dengan Firefox OS. Tak hanya itu, Samsung menjanjikan Tizen OS sebagai sistem operasi yang benar-benar open source.

Tablet Tizen pertama tersebut mengusung layar berukuran besar, yakni 10,1 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Sektor dapur pacu, tablet tersebut ditenagai oleh prosesor quad-core ARM Cortex-A9 berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 1GB.

Tablet Tizen ini dibekali dengan memori internmal berkapasitas 32GB dan dipersenjatai oleh konektivitas WiFi. Sayangnya, Systena sampai saat ini tidak mengungkapkan kapan tablet tersebut dirilis untuk konsumen dan pasar global.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (25/10/2013), munculnya tablet ini juga mematahkan rumor bahwa Tizen OS telah mati. Samsung sebelumnya dikabarkan telah kehilangan minat terhadap Tizen. Bulan lalu, JK Shin, CEO Samsung menegaskan bahwa Samsung akan meluncurkan Tizen pada tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda