Scroll to Top

FB Berminat Akuisisi Snapchat Senilai Rp 10 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 26 Oct 2013

Facebook

FB setahun yang lalu lakukan akuisisi fenomenal. Mereka memboyong Instagram dengan ‘mahar’ USD 1 miliar. Nampaknya, Facebook tak kapok ‘buang-buang’ duit. Terkini, dikabarkan jejaring sosial populer itu berniat lakukan akuisisi Snapchat di angka yang sama yakni Rp 10 triliun.

Instagram sendiri dibeli Facebook tidak di angka persis USD 1 miliar. Ini terjadi karena saham FB merosot saat itu. Paket pembelian Instagram sendiri terdiri atas uang tunai dan saham. Lantas, mengapa dikatakan ‘buang-buang’ uang?

Dalam sebuah akuisisi seharusnya ada hubungan timbal balik. Apa yang dikeluarkan harus setimpal dengan apa yang diterima. Pasca akuisisi, Instagram belum berikan sesuatu yang setimpal itu.

Padahal, Instagram adalah aplikasi yang sangat populer. Jumlah pengguna mereka ratusan juta dan tersebar di multi platform. Beberapa waktu yang lalu Facebook telah putuskan untuk tanamkan iklan di Instagram. Meski dinilai telat, inilah satu-satunya jalan untuk mendapatkan ‘sesuatu yang setimpal’.

Jika Facebook terkesan tak bisa ‘berbuat banyak’ dengan aplikasi kondang untuk urusan monetisasi, bagaimana bilamana akuisisi Snapchat terjadi? Snapchat untuk urusan popularitas memang tidak sebanding dengan Instagram. Tapi, aplikasi ini miliki ciri khas unik.

Snapchat mampu ‘hancurkan’ foto terkirim secara otomatis setelah penerima melihatnya. Jadi, untuk urusan privasi, aplikasi ini bisa diandalkan. Penerima tak bisa menyimpan foto terkirim meski tetap bisa ‘menangkapnya’ via screen shot.

The Wall Street Journal yang dikutip The Next Web malaporkan jika Mark Zuckerberg tengah mendekati Snapchat untuk membelinya. Dana Rp 10 triliun telah disiapkan untuk akuisisi ini.

Namun, CEO Snapchat, Evan Spiegel menampik kabar tersebut. Bahkan, ia sama sekali tidak berminat untuk menjual Snapchat. Ketika kedua belah pihak dimintai komentar akan rumor tersebut, Snapchat dan Facebook sepakat bungkam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda