Scroll to Top

Jembatan Spiral Brusio: Jalur Unik Kereta Api

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 26 Oct 2013

brusio-spiral-viaduct

Jalur kereta api di Swiss ini sangat unik. Bentuknya menyerupai spiral dan kereta berjalan seperti mengitari sebuah jalan layang. Jalur kereta api spiral seperti ini tidak banyak ditemukan. Namun di jembatan spiral yang bernama Brusio, kereta api bisa lewat dan dibuat cukup lebar agar kereta dapat memeroleh elevasi dalam jarak yang relatif kecil.

Dilihat dari dimensinya, jembatan spiral Brusio memiliki total panjang 110 meter. Sementara radius kelengkungannya secara horisontal sepanjang 70 meter. Kemiringannya longitudinalnya mencapai tujuh persen. Jembatan ini memiliki 9 bentangan di setiap 10 meternya. Kereta api akan menuruni jembatan dari ketinggian awal 20 meter.

Jalur kereta yang dimiliki tunggal. Kereta mesti berhati-hati dalam menuruni atau menaiki jembatan ini. Sekilas turunannya memang curam. Namun, jembatan spiral yang berada di Brusio, Kanton Graubunden ini terlihat eksotis  dan menantang. Diperkirakan untuk menuruninya diperlukan waktu sekitar 40 detik.

Jembatan spiral Brusio merupakan bagian dari jalur kereta api Bernina Railway yang menghubungkan Brusio dan Compascio. Lokasinya kurang lebih perjalanan 55 kilometer dari St Moritz. Jembatan ini sudah tua umurnya. Pasalnya, jalur sudah dibuka sejak 1 Juli 1908 usai pembukaan jalur Tirano – Poschiavo. Ketika perusahaan kereta api diambil alih Rhaetian Railway pada 1943, jembatan ini penggunaannya tetap dipertahankan.

brusio-spiral-viaduct

brusio-spiral-viaduct

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda