Scroll to Top

PSSI Berharap Pemerintah Ikut Biayai Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Saturday, 26 Oct 2013

timnas indonesia 2013 skuat cina

PSSI mengharapkan kepada pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kemenpora, turut mengeluarkan dana untuk membiayai Timnas Indonesia. Selama ini, kata Deputi Sekjen PSSI Bidang Organisasi, Tigor Shalom Boboy, pemerintah tidak mengucurkan uang sepeser pun untuk kepentingan Timnas Indonesia. Dana untuk Timnas Indonesia berasal dari PSSI sendiri, sponsor, dan pemasukan tiket laga kandang.

Menurut Tigor Shalom Boboy, pemerintah hanya membantu Timnas Indonesia saat skuat Garuda berlaga di event olahraga yang bersifat umum, seperti SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade. Padahal, Timnas Indonesia biasanya hanya mengikuti SEA Games saja.

Untuk Asian Games, Indonesia jarang mengirimkan kontingen sepakbolanya ke ajang olahraga terbesar se-Asia itu. Sedangkan untuk Olimpiade, Timnas Indonesia seringkali gagal di babak kualifikasi.

“Tidak ada satu rupiah pun dana yang berasal dari pemerintah. Pemerintah hanya membantu saat event SEA Games, itu pun melalui Satlak Prima KONI,” keluh Tigor Shalom Boboy di Jakarta belum lama ini.

Padahal, lanjut Tigor Shalom Boboy, pemerintah melalui Kemenpora seharusnya turut memfasilitasi dan mendukung Timnas Indonesia, termasuk dalam hal pembiayaannya. Hal tersebut seperti yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN).

“Mudah-mudahan saja, pemerintah konsisten menjalankan amanat UU SKN. Terutama terkait dukungan terhadap tim nasional. Kami menunggu respons dari Menpora dan Menteri BUMN. Kita tunggu saja,” tutur Tigor Shalom Boboy. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda