Scroll to Top

Valencia vs Chelsea: Emery Tak Khawatirkan Juan Mata

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

Ketika melawan tim yang dihuni mantan anak asuh yang sudah mengenal seluk beluk timnya, sudah sepantasnya seorang pelatih dilanda rasa khawatir strategi yang akan diterapkannya bisa diketahui lebih awal oleh calon lawannya lewat mantan anak asuhnya itu.

Namun hak itu sepertinya tidak dirasakan oleh Unai Emery, pelatih Valencia. Jelang laga matchday 2 Grup E Liga Champions 2011-2012 menghadapi Chelsea, yang dihuni mantan pemain andalannya, Juan Mata. Mata sendiri adalah pemain didikan akademi Real Madrid, namun ia besar bersama Valencia.

“Saya tidak terlalu memikirkan Juan Mata, karena Chelsea memiliki banyak pemain hebat,” beber Emery.

“Kami yakin mampu memenangkan partai ini. Saya tidak terlalu berkonsentrasi tentang Mata.”

Emery memang pantas memikirkan strategi untuk melumpuhkan Chelsea secara keseluruhan, bukan hanya pada sosok Mata. Dalam empat pertemuan keduanya di Liga Champions, Valencia tercatat tidak pernah meraih kemenangan atas Chelsa. Paling banter hanya dua kali imbang, sisanya kalah.

Mantan pelatih Almeria itu juga telah mengamati permainan Chelsea saat dibekuk Manchester United 3-1 dua pekan lalu.

“Ya, pertandingan itu akan kami jadikan referensi. Chelsea melakukan beberapa kesalahan, dan kami akan memanfaatkan hal itu.”

“Mereka adalah tim yang kuat secara fisik, ofensif, agresif, juga kuat dan berpengalaman. Kami tahu bagaimana sulitnya melawan mereka.”

Sementara itu, Chelsea sedikit mengalami gangguan dalam persiapannya terbang ke Spanyol. Pesawat yang mereka tumpangi mengalami penundaan penerbangan selama tiga jam. Hal kecil seperti itu tentu akan mempengaruhi persiapan pasukan The Blues.

Meski demikian, Chelsea tetap lah menjadi favorit untuk memenangkan partai ini. Dalam dua kali kunjungannya ke Stadion Mestalla, Chelsea selalu mampu meraih kemenangan dengan skor yang sama, 1-2.

“Saya tidak suka menjadi favorit dalam setiap pertandingan. Partai ini akan sangat sulit karena saya tahu bagaimana Valencia,” tutur pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas.

“Saya terkesan dengan cara bermain mereka, dan bagaimana Emery memotivasi pemainnya. Saya berharap suatu hari ia bisa melatih tim di Premier League.”

Perkiraan susunan pemain:

Valencia: Vicente Guaita, Miguel Brito, Victor Ruiz, Adil Rami, Jeremy Mathieu, Ever Banega, Mehmet Topal, Pablo Hernandez, Sergio Canales, Jordi Alba, Roberto Soldado. Pelatih: Unai Emery

Chelsea: Petr Cech, Jose Bosingwa, Branislav Ivanovic, John Terry, Ashley Cole, Obi Mikel, Ramires, Raul Meireles, Juan Mata, Nicolas Anelka, Fernando Torres. Pelatih: Andre Villas-Boas

Head to head:

12-12-2007: Chelsea 0-0 Valencia

04-10-2007: Valencia 1-2 Chelsea

11-04-2007: Valencia 1-2 Chelsea

05-04-2007: Chelsea 1-1 Valencia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda