Scroll to Top

Yuk Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda

By C Novita / Published on Sunday, 27 Oct 2013

museum sumpah pemuda

Tanggal 28 Oktober dikenal oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah sebuah moment yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu saat para pemuda yang berasal dari berbagai daerah di tanah air berkumpul dan berikrar tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, yaitu Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah cikal bakal persatuan para pemuda dari berbagai daerah di nusantara yang membawa pada semangat memerdekakan diri dari belenggu penjajah.

Untuk terus dapat melestarikan semangat Sumpah Pemuda hingga ke generasi saat ini, pemerintah membuka sebuah museum, yaitu Museum Sumpah Pemuda. Lokasinya ada di Jl. Kramat Raya No. 106
Jakarta, Indonesia.

Pada museum tersebut ada banyak informasi yang dapat diperoleh pengunjung mengenai berbagai hal yang menyangkut peristiwa bersejarah tersebut. Mulai dari biola milik W.R Soepratman yang digunakan mencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, keramik lantai asli museum yang asli dari tahun 1928, berbagai foto dan buku serta dokumen terkait Sumpah Pemuda, dan lainnya.

Ada pula berbagai diorama yang menggambarkan berbagai peristiwa di saat Sumpah Pemuda. Tarif masuk ke museum sejarah tersebut sangat murah, yaitu Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak. Itu akan lebih murah lagi bila kunjungan dilakukan oleh rombongan sekolah.

Nah, untuk menyambut moment Sumpah Pemuda kali ini, tak ada salahnya Anda berkunjung ke museum yang asri itu. Ada banyak manfaat dan informasi yang bisa Anda dapatkan, lho. Sekaligus meningkatkan semangat patriotisme yang sudah sangat-sangat tipis dalam diri pemuda saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda