Scroll to Top

Eriyanto, Bek Berbakat Timnas U19 Dari Persib Junior

By Raditya / Published on Sunday, 27 Oct 2013

eriyanto timnas indonesia u19

Eriyanto menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia U17 saat meraih gelar juara di HKFA International Youth Football Invitation 2012 yang digelar di Hongkong. Namun, nama Eriyanto gagal menembus seleksi Timnas Indonesia U19 untuk AFF Cup U19 2013  dan Kualifikasi AFC Cup U19 2014. Meskipun begitu, masih ada harapan bagi bek asal Persib U19 ini untuk bergabung lagi dengan tim Garuda Jaya.

Nama Eriyanto sendiri mulai moncer sejak memperkuat tim Garuda Muda di turnamen AC Milan Junior Camp 2010 yang digelar di Milan, Italia. Saat itu, Eriyanto bahkan dipercaya menjabat sebagai kapten tim Indonesia, dan terpilih sebagai kapten tim terbaik di ajang tersebut.

Berposisi sebagai bek tengah, Eriyanto menjadi jantung pertahanan tim Indonesia saat itu. Pemain kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, pada tanggal 12 Maret 1996 ini pun menuai banyak pujian dari rekan-rekan setimnya kala itu, termasuk dari Gavin Kwan Adsit dan Evan Dimas.

eriyanto dan ravi murdianto timnas indonesia u19
Eriyanto dan Ravi Murdianto Saat di HKFA Hongkong 2012

Di ajang AC Milan Junior Camp 2010, Eriyanto menunjukkan kualitasnya sebagai bek tengah yang sangat tangguh. Bahkan, Gavin Kwan Adsit pernah berkata, jika tim-tim lawan memiliki pemain bertahan seperti Eriyanto, tentunya akan menjadi tidak mudah bagi para pemain Indonesia untuk mencetak gol.

Evan Dimas pun mengungkapkan kekagumannya terhadap Eriyanto. Kapten tim penerus Gavin Kwan Adsit di Timnas Indonesia U19 ini menilai Eriyanto adalah sosok yang patut diteladani karena totalitasnya untuk tim.

Eriyanto yang berasal dari keluarga kurang mampu, kata Evan Dimas, bahkan bersedia tidak digaji sepeserpun demi membela nama bangsa. Saat itu Eriyanto memang belum menerima gaji setelah membawa Indonesia menjuarai HKFA International Youth Football Invitation di Hongkong, padahal rumahnya di Sukabumi rusak parah karena diterjang tanah longsor.

Timnas Indonesia U-17
Timnas Indonesia U17 Juara HKFA 2012

Tidak diketahui alasan Indra Sjafri mencoret nama Eriyanto dari seleksi Timnas Indonesia U19 jelang AFF Cup U19 2013 beberapa waktu lalu. Namun, peluangnya untuk kembali masuk tim Garuda Jaya masih terbuka, mengingat stok bek tengah yang terbatas.

Selama ini, Timnas Indonesia U19 hanya mengandalkan Hansamu Yama Pranata dan Muhammad Syahrul Kurniawan di jantung pertahanan tanpa memiliki pelapis yang sama baiknya. Semoga saja Eriyanto kembali dipanggil ke skuat Garuda Muda yang akan bertarung di putaran final AFC Cup U19 Myanmar tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda