Scroll to Top

Sokola Rimba, Film Terbaru Dari Sutradara dan Produser ‘Laskar Pelangi’

By Arya Azhar / Published on Monday, 28 Oct 2013

Riri Riza dan Mira Lesmana, Dua sineas dibalik kesuksesan film Indonesia terlaris sepanjang sejarah “Laskar Pelangi” kembali dengan film barunya berjudul “Sokola Rimba“.

Film ini diadaptasi dari sebuah buku berjudul sama karangan Butet Manurung.

Buku tersebut mengisahkan tentang kisah nyata perjuangan luar biasa  Butet Manurung yang rela mengajar anak-anak di pedalaman hutan agar bisa memperoleh pendidikan.

Dalam versi layar lebarnya ini, karakter Butet Manurung ‘dihidupkan’ oleh aktris terbaik peraih Piala Citra, Prisia Nasution (Sang Penari).

Sokola Rimba mengisahkan tentang seorang wanita bernama Butet Manurung yang setelah hampir tiga tahun bekerja di sebuah lembaga konservasi di wilayah Jambi, telah menemukan hidup yang diinginkannya,  mengajarkan  baca tulis dan menghitung kepada anak – anak  masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.
 Hingga suatu hari Butet terserang demam malaria di tengah hutan, seorang anak tak dikenal datang menyelamatkannya. NYUNGSANG BUNGO (Nyungsang Bungo) nama anak itu,  berasal dari Hilir sungai Makekal, yang jaraknya sekitar 7 jam perjalanan untuk bisa mencapai hulu sungai, tempat Butet mengajar. Diam-diam Bungo telah lama memperhatikan Ibu guru Butet mengajar membaca. Ia membawa segulung kertas perjanjian yang telah di’cap jempol’ oleh kepala adatnya, sebuah surat persetujuan orang desa mengeksploitasi tanah adat mereka. Bungo ingin belajar membaca dengan Butet agar dapat membaca surat perjanjian itu.
 Pertemuan dengan Bungo menyadarkan Butet untuk memperluas wilayah kerjanya ke arah hilir sungai Makekal. Namun keinginannya itu tidak mendapatkan restu baik dari tempatnya bekerja, maupun dari kelompok rombong Bungo yang masih percaya bahwa belajar baca tulis bias membawa malapetaka bagi mereka.
Namun melihat keteguhan hati Bungo dan kecerdasannya membuat Butet mencari segala cara agar ia bisa tetap mengajar Bungo, hingga malapetaka yang ditakuti oleh Kelompok Bungo betul-betul terjadi. Butet terpisahkan dari masyarakat Rimba yang dicintainya. Dapatkah ia kembali?

Sokola Rimba akan tayang serempak di bioskop-bioskop tanah air mulai 21 November 2013. Apakah mampu menyamai kesuksesan “Laskar Pelangi” yang berhasil mengumpulkan lebih dari 4,6 juta penonton di bioskop?

Trailernya bisa Anda saksikan dibawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda