Scroll to Top

Sumpah Sepeda: Peringatan Unik di Hari Sumpah Pemuda

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 28 Oct 2013
Sego Segawe
Launcing Sego Segawe pada Oktober 2008

Peringatan di hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya, bisa dilakukan dengan berbagai cara unik. Seperti yang terjadi di Yogyakarta. Pada malam peringatan Sumpah Pemuda, mereka mencetuskan Ikrar Sumpah Sepeda dengan menitikberatkan pada semangat SEGO SEGAWE.

Istilah SEGO SEGAWE memang cukup asing di telinga kebanyakan orang, namun bukannya tanpa makna. Istilah ini adalah singkatan dari kalimat ‘(SE)peda ng(GO) (SE)kolah lan nyambut (GAWE)” yang berarti “sepeda (sebagai sarana transportasi) untuk sekolah dan bekerja)”. Dan, orang yang tinggal di Yogya atau pernah berkunjung ke Kota Pelajar ini, tentu cukup familier dengan istilah tersebut.

Ribuan pengayuh sepeda yang menghadiri peringatan sumpah pemuda pada Malam Senin (28/10) memang berniat untuk mengaplikasikan kembali SEGO SEGAWE dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Yogya, sehingga istilah tersebut tak berhenti hanya pada slogan semata.

Tak hanya mengucapkan Sumpah Sepeda, para pengayuh sepeda tersebut juga memasang sebuah tugu, yang disebut Tugu Sepeda, dan ditempatkan di depan Monumen Serangan Oemoem (SO) 1 Maret di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta.

Koordinator pesepeda onthel, Thowil, seperti dilansir oleh detik mengatakan, “Semangat bersepeda harus terus dibangkitkan. Dan perlu didukung dengan fasilitas bagi pesepeda, seperti jalur khusus sepeda. Sepeda ini juga untuk mengkampanyekan anti polusi.”

Peringatan Sumpah Pemuda yang dibuat unik dini didahului dengan bersepeda bersama dari Museum Perjuangan Yogyakarta hingga sampai ke titik nol kilometer Yogyakarta melalui Jalan Malioboro. Acara ‘konvoi’ semakin meriah karena beberapa peserta memakai kostum istimewa dari barang-barang bekas.

Foto: jogjakota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda