Scroll to Top

Manfaat Tomat untuk Kulit, Hilangkan Komedo Sampai Kecilkan Pori

By C Novita / Published on Monday, 28 Oct 2013

tomat

Buah berwarna merah menyala bernama tomat yang tenar dengan kandungan vitamin C dan lycopene yang tinggi itu memang bagus bagi kecantikan kulit. Bila Anda mengolahnya menjadi jus dan mengonsumsinya setiap hari, maka kulit akan lebih mulus dan sehat.

Tetapi untuk Anda yang tak menyukai jus tomat, maka mengaplikasikan langsung buah tersebut ke kulit juga akan mendapat manfaat yang hampir sama dengan bila dikonsumsi. Penasaran apa saja manfaat tomat bagi kecantikan kulit? Berikut ini seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Meringkas pori. Pori-pori kulit yang ringkas atau kecil akan membuat kotoran lebih sulit masuk dan menyumbatnya. Nah, untuk mengecilkan pori kulit, ambil sari buah tomat atau tomat yang dihancurkan sebanyak 2-3 sendok. Tambahkan 2-3 tetes air lemon lalu aplikasikan pada wajah seperti masker. Pijat dengan gerakan memutar dan biarkan 15 menit. Bilas dengan air dingin.
  • Menyembuhkan jerawat. Tomat kaya vitamin C dan A yang sangat mujarab untuk penyembuhan jerawat. Cukup belah tomat jadi dua, dan gosokkan airnya ke kulit yang berjerawat. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.
  • Sebagai astringent. Campurkan sari ketimun dan sari tomat dengan perbandingan yang sama. Lalu gunakan sebagai pelembab wajah bila hendak tidur malam hari. Fungsinya mengecilkan pori kulit dan melembabkan pula serta mengurangi produksi minyak wajah.
  • Menghilangkan komedo. Masalah komedo, apalagi yang tergolong blackheads alias kepala hitam, memang cukup menyebalkan. Namun tomat bisa mengatasinya dengan baik. Caranya, gunakan kombinasi tomat dan alpukat. Kedua buah ini akan membersihkan dan melembutkan. Campur alpukat halus dengan sari tomat, dan gunakan sebagai masker. Ulangi sampai komedo di hidung menghilang.

Demikian manfaat dahsyat tomat untuk kecantikan kulit. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda