Scroll to Top

Pakai Starpath, Jalan Aspal Jadi Menyala

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Oct 2013

starpath_glowing_street

Ada cara lebih efektif menghemat pemakaian lampu jalanan, sekaligus memberikan tanda bagi pemakai jalan untuk mengetahui batas jalan. Ilmuwan dari Pro-Teq Surfacing menemukan racikan khusus yang membuat lebar jalan bisa menyala dalam gelapnya malam. Jalan aspal tampak seperti mengeluarkan lampu sehingga memudahkan pemakai jalan yang melaluinya.

Teknologi ini dinamai starpath. Starpath diketahui memiliki bahan dari polyurethane dan polyaspartic. Bahan ini dapat diterapkan pada hampir semua permukaan padat. Beton, kayu, bahkan aspal bisa mendapat sentuhan bahan ini.

Uniknya, starpath menimbulkan efek menyala ketika lingkungan dalam kondisi gelap. Cara kerja starpath di jalan aspal yaitu menyimpan energi dari sinar ultraviolet matahari, lalu dipancarkan kembali saat matahari terbenam dalam bentuk cahaya. Inilah yang membuat jalan beraspal seakan menyala.

Warna pada starpath bisa disesuaikan. Warna dapat berbeda jika ingin membuat siklus jalur jalan pada saat malam tiba. Kelebihan lainnya, starpath dapat bereaksi dengan berbagai tingkat kekuatan cahaya. Sehingga energi untuk “menyala” bisa didapatkan dengan mudah.

Starpath telah diterapkan pada jalanan di Christ Pieces, Cambridge. Diperkirakan penggunaannya pada jalan aspal akan diperluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda