Scroll to Top

Cara Alami Mencegah Kenaikan Asam Lambung

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Oct 2013

maag

Dalam keadaan normal, asam lambung membantu makanan untuk dicerna. Sifatnya yang sangat asam akan mematikan zat asing berbahaya yang ikut masuk ke dalam perut. Namun jika asam lambung jumlahnya berlebihan bisa menimbulkan rasa nyeri. Inilah yang sering dialami penderita penyakit maag yang memiliki kadar asam lambung tinggi kala kambuh.

Tingginya asam lambung bisa dicegah secara alami. Anda dapat melakukannya menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Perhatikan gaya hidup Anda. Gaya hidup tidak sehat mengundang berbagai masalah kesehatan, termasuk memicu asam lambung. Contohnya terlalu sibuk bekerja lalu stres dan menunda untuk makan. Stres dapat memicu asam lambung.
  2. Makanan yang memicu reaksi asam lambung mesti dikurangi atau dihentikan. Beberapa jenis makanan tertentu dapat mengaktifkan asam lambung. Misalnya makanan pedas, makanan asam, sayuran mentah, dan sebagainya.
  3. Jangan biarkan diri Anda dehidrasi. Kekurangan cairan menjadi penyebab utama asam lambung. Air justru bisa menetralkannya. Jadi minum air secara cukup itu penting. Hindari pula makanan asin dan pedas yang bisa menimbulkan dehidrasi dan masalah pencernaan lainnya.
  4. Jauhi rokok dan alkohol. Keduanya dapat meningkatkan kadar asam lambung.
  5. Untuk meredakan asam lambung yang terlanjur tinggi, minumlah segelas susu. Susu akan mengurangi panas perut sekaligus mendinginkannya.
  6. Perut yang kembung karena asam lambung bisa diatasi pula dengan memakan daun mint. Daun ini mengurangi gas dan meningkatkan kerja pencernaan.
  7. Konsumsi makanan yang mudah dicerna perut, termasuk kunyah makanan lebih lembut. Semakin mudah makanan dicerna oleh perut akan mencegah terjadinya peningkatan asam lambung yang tinggi.
  8. Jangan langsung tidur ketika selesai makan. Anda bisa mengalami refluks, yaitu naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Sifat dari asam lambung sangat panas, sehingga bisa melukai tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda