Scroll to Top

Sudahkah Anda Menyiapkan Ahli Waris Akun Facebook?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 28 Oct 2013

Facebook

Di Australia ada himbauan untuk mulai menentukan ahli waris akun Facebook. Ini dilakukan terkait soal ‘warisan’ yang ditinggalkan jika pemilik akun meninggal. Seperti apa?

Jika berbicara soal warisan yang ada dalam benak masyarakat adalah soal benda berharga; bergerak dan tidak bergerak. Ternyata, Facebook juga masuk dalam kategori warisan itu.

Facebook dinilai sebagai sebuah aset. Tak hanya jejaring sosial itu saja, akun-akun internet lainnya juga dipandang sama. Intinya, pengguna harus mulai memikirkan aset-aset tersebut jikalau mereka meninggal dunia kelak.

Demikian menurut pendapat pengacara Australia yang bergerak di bidang pengurusan harta setelah kematian, Rod Cunich. Layanan Cloud, kata dia, saat ini kian populer, namun, data itu bisa hilang kalau kita tidak mempersiapkannya dengan baik sebagai warisan yang akan kita tinggalkan.

Menurutnya, situs-situs lain tidak sebaik Facebook dalam urusan ‘ahli waris’. Jika pengguna meninggal dan memberi kuasa ke ahli waris, maka mereka bisa menghubungi Facebook untuk ‘membersihkan’ akun tersebut.

“Akun itu akan dibersihkan sehingga tak ada orang lain yang bisa melihat,” jelasnya.

Ada juga alternatif lain yakni dengan membiarkan akun itu tetap terbuka hanya di pengguna-pengguna tertentu. Dengan cara ini orang yang telah meninggal tetap akan dikenang di masa lalunya.

Menyoal ke situs-situs lain, Cunich mengatakan jika untuk urusan ini FB yang paling bijaksana. Dikutip dari Radio Australia, beberapa situs bahkan otomatis menutup akun yang pemiliknya meninggal.

“Mereka menutup berbagai akun dan kemudian seluruh informasi yang ada di dalamnya dianggap dimiliki oleh situs tersebut,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda