Scroll to Top

BMW i3: Mobil Listrik Idaman Siap Rilis November 2013

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Oct 2013

bmw i3

BMW i3 segera meluncur November 2013 depan. Mobil listrik yang digarap selama enam tahun itu telah menjalani ujicoba mencapai jarak 32 juta kilometer. Dikutip dari MSN, kendaraan ini murni memakai tenaga listrik. Tenaga yang dihasilkan motor listriknya mencapai 170 horse power.

Untuk pasar Eropa, BMW i3 diisukan bakal dilepas dengan harga 30.680 poundsterling dan kemungkinan naik menjadi 33.830 poundsterling atau kurang lebih Rp 507 juta. Namun, mahalnya kendaraan ini dibayar dengan kemampuan yang mumpuni.

Soal akselerasi, mobil ini hanya memerlukan waktu 7,2 detik untuk dipacu dari kecepatan 0 sampai 100 kilometer per jam. Kemampuannya ini melebihi mobil MINI Cooper. Cara kerja mesinnya memang sangat cepat. Persnelingnya hanya satu percepatan dan tidak perlu dinaikkan atau diturunkan demi mendapatkan kecepatan maksimal. Pengemudi tinggal menyalakan mesin dan langsung bisa dikayuh dengan kencang.

bmw i3

Begitu pula jika ingin mengurangi kecepatan, pengemudi tingga melepaskan pedal gasnya. Sisitem pengereman seperti ini membuat BMW i3 jauh lebih kuat dibanding dengan mobil listrik lainnya. Jadi untuk mengoperasikan kendaraan, pengemudi tinggal melatih untuk bermain pedal gas dan rem akan bekerja secara otomatis begitu pedal gas dilepas pelan-pelan. Keuntungan lainnya, pada saat pengereman akan diikuti daya pengisian baterai yang bersumber dari energi kinetik pada roda.

Suara motor listriknya sangat tenang. BMW turut memasang peredam agar suara bising mesin bisa diminimalisasi. Getaran yang biasa terasa saat berkendara juga nyaris tidak terasa. Performa ini ditunjang oleh medan gaya magnet yang bekerja secara intens.

Untuk satu kali pengisian baterai secara penuh, BMW mengklaim mampu digunakan untuk melaju hingga 162 kilometer. Ini agak berbeda pada kebanyakan mobil listrik yang harus kembali diisi ulang setelah menempuh perjalanan kurang dari 80 kilometer. Di samping itu ada fitur Eco Pro dan Eco Pro+. Fitur ini dapat menghemat pemakaian listrik pada penggunaan pendingin udara. Kabar baiknya, mobil masih bisa berjalan dengan performa prima sekali pun kekuatan baterai sudah di bawah 10 persen.

BMW i3 memiliki rival yang sama tangguh di lini mobil listrik. Di antara pesaing langsungnya adalah Nissan LEAF, Renault Zoe, Vauxhall Ampera, Chevrolet Volt, dan BMW 320d ED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda