Scroll to Top

Michel Platini Ingin Piala Dunia 2018 Diikuti 40 Negara!

By Wan Faizal / Published on Monday, 28 Oct 2013

Michel Platini

Sebuah ide segar diutarakan oleh Presiden UEFA, Michel Platini. Pria yang juga legenda sepakbola Prancis itu menyarankan agar mulai Piala Dunia 2018 di Rusia nanti, turnamen empat tahunan tersebut diikuti 40 negara. Itu berarti, akan ada penambahan delapan negara dari jumlah saat ini yang masih 32 negara.

Tentu saja ada alasan kuat dibalik saran dari Platini tersebut. Ia ingin melihat lebih banyak negara dari Asia dan Afrika untuk bersaing di turnamen sepakbola termegah di dunia tersebut.

Bahkan untuk mendukung idenya tersebut, Platini telah melakukan sebuah riset kecil  yang menyatakan hanya akan ada tambahan tiga hari untuk masa berlangsungnya turnamen jika diikuti oleh 40 negara.

“Saya pikir ide tersebut akan bagus untuk semuanya. Saya setuju dengan Mr. Blatter bahwa kita butuh lebih banyak negara dari Asia dan Afrika. Akan tetapi, daripada mengurangi jatah dari Eropa, maka sebaiknya kita meningkatkan jumlah peserta menjad 40 negara saja,” ucap Platini.

Ya, ide Platini tersebut sebenarnya adalah suatu bentuk ketidaksetujuan atas usul Presiden FIFA, Sepp Blatter. Sebelumnya, Blatter memang mengutarakan ingin menambah wakil dari Asia dan Afrika, namun tidak perlu menambah jumlah peserta secara keseluruhan.

Solusinya, menurut Blatter, adalah dengan mengurangi jumlah peserta dari Eropa yang saat ini berhak mengirimkan 13 wakil ke Piala Dunia. Slot yang kosong akibat pengurangan peserta dari Eropa itu sendiri nantinya akan diberikan pada wakil dari Asia dan Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda