Scroll to Top

Southampton Baru Kebobolan Tiga Gol, Terbaik di Liga Inggris 2013

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 29 Oct 2013

Lovren-MU

Dua klub kuda hitam Liga Inggris 2013-2014, Southampton dan Everton, memang menjadi kejutan tersendiri sepanjang musim ini berjalan. Keduanya mampu nongkrong di urutan lima dan enam klasemen sementara. Kredit lebih pantas diberikan pada Soton karena sejauh ini pertahanan mereka adalah yang paling rapat diantara 19 kontestan lainnya, yakni hanya kebobolan tiga gol dari sembilan laga.

Soton memang memasang ambisi serius di musim ini. Kesuksesan mereka sejauh ini tak lepas dari performa lini pertahanan yang sangat bagus dalam menjaga wilayahnya. Tambahan pemain seperti Dejan Lovren di posisi bek tengah dan Victor Wanyama di pos gelandang bertahan disebut-sebut sebagai kunci sukses Soton musim ini, terutama dalam hal jumlah kebobolan.

Faktanya memang demikian. Sejauh ini hanya Emanuele Giaccherini (Sunderland), Nathan Redmond (Norwich City), dan Robin van Persie (Manchester United) yang bisa menggetarkan jala gawang Artur Boruc.

“Hanya kebobolan tiga gol dalam sembilan pertandingan di liga sesulit ini adalah sesuatu yang istimewa. Kami pantas mendapat rasa hormat yang lebih dari tim lain,” ujar Lovren.

“Tapi ini semua tentang kinerja seluruh tim, tak hanya karena peran empat bek dan kiper saja. Kami semua berlatih dengan serius di tempat latihan. Suatu kehormatan tersendiri bisa bekerjasama dengan rekan setim saya.”

Kemenangan 2-0 atas Fulham akhir pekan kemarin sempat membawa Soton duduk di peringkat ketiga klasemen sebelum akhirnya digeser Chelsea dan Tottenham Hotspur yang menang di laga sehari setelahnya. Bagi manajer Mauricio Pochettino, semua catatan bagus ini diraih timnya berkat permainan kolektif yang mereka peragakan.

“Ini semua menunjukkan bahwa kami percaya sebagai satu kesatuan. Kami bermain kolektif dan meraih hasil dari itu. Saya katakan bahwa batasan kami saat ini adalah langit. Hal yang paling penting saat ini adalah kami harus terus belajar dan berkembang, serta terus bermain sebagai tim. Posisi di liga saat ini memang penting, namun yang lebih penting adalah kami harus terus berkembang,” seru sang manajer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda