Scroll to Top

Terinfeksi Bakteri Listeria Bahayakan Nyawa

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

bakteri listeria penyebab penyakit listeriosis

Sebagian warga Amerika mulai resah. Pasalnya, hasil bumi berupa buah melon,  terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Menurut keterangan pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Selasa ini, sudah ada 13 orang yang meninggal akibat ulah bakteri ini. Amerika pernah mengalami wabah oleh bakteri serupa pada tahun 1998 lalu yang menular lewat daging yang terkontaminasi. Puluhan orang meninggal karenanya. Demikian dilansir Radio Netherland.

Orang yang terkena bakteri listeria akan mengalami demam, pegal otot, dan keluhan pada lambung dan usus. Saat masuk ke perut, bakteri ini akan hidup di saluran cerna, lalu menembus dinding usus dan masuk ke peredaran darah. Dia juga menginfeksi sel tubuh.

Bakteri listeria cukup mengancam nyawa. Penyakit listeriosis yang ditimbulkannya juga mampu menimbulkan meningitis, meningoencephalitis, dan encephalitis. Apalagi, buat ibu hamil, risiko meninggalnya janin cukup tinggi kalau sampai bakteri listeria masuk. Bakteri ini dapat menembus plasenta dan menyerang janin sampai akhirnya meninggal.

“Orang yang mengkonsumsi buah yang terkontaminasi selama dua minggu atau seminggu lalu bisa saja masih merasa sakit hingga berminggu-minggu kemudian,” ujar Robert Tauxe dari CDC.

Bakteri listeria banyak ditemukan hidup dalam tanah. Hobinya memakan materi tanaman mati. Bakteri ini bisa terdapat pada susu mentah, susu yang pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis fermentasi, daging merah, unggas dan ikan mentah, daging unggas yang sudah dimasak, dan ikan asap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda