Scroll to Top

Cara Penularan dan Pencegahan Penyakit Hepatitis

By C Novita / Published on Tuesday, 29 Oct 2013

penularan hepatitis

Penyakit hepatitis adalah jenis penyakit yang menyerang organ hati manusia. Yaitu terjadi peradangan pada hati yang disebabkan oleh bakteri serta virus akibat kurangnya kebersihan di lingkungan tempat manusia tersebut tinggal. Jenis hepatitis ada beberapa yaitu hepatitis A, hepatitis B, C, D, serta hepatitis E.

Nah, berikut adalah jenis virus penyebab penyakit tersebut, dan cara penularannya:

  • Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA). Biasanya terjadi penularan melalui oral ke dalam saluran pencernaan. Medianya adalah makan serta minuman yang tercemar oleh virus yang berasal dari tinja penderita.
  • Hepatitis B penyebabnya adalah virus hepatitis B (VHB) yang merupakan virus DNA. biasanya virus ini ditemukan dalam cairan tubuh seperti liur, sperma, darah serta vagina. Cara penularannya adalah dengan kontak melalui cairan tubuh tersebut, misalnya ciuman.
  • Hepatitis C dipicu oleh virus hepatitis C (VHC). Cara menularnya adalah melalui parenteral yaitu memakai berbagai barang pribadi bersama-sama contohnya sikat gigi atau jarum suntik.
  • Hepatitis D disebabkan virus RNA yang defek atau akan menyerang bersama virus lain yaitu hepatitis B. Cara penularannya sama seperti penularan VHB.
  • Hepatitis E ditularkan secara oral, melalui air minum yang sudah tercemar oleh tinja penderita hepatitis E.

Biasanya yang kerap menimbulkan wabah dan menyerang secara masal adalah virus hepatitis A serta hepatitis E. Ini disebabkan oleh virus yang mencemari makanan serta menimbulkan keracunan.

Cara pencegahannya adalah dengan menjaga kebersihan secara menyeluruh, baik diri dan juga lingkungan serta membiasakan untuk tidak berbagi barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, atau alat makan dan minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda