Scroll to Top

FIFA Mencium Indikasi Pengaturan Skor Di Playoff IPL?

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 29 Oct 2013

Logo IPL

Pertandingan Playoff kompetisi Indonesian Premier League (IPL) beberapa hari lalu, rupa tak luput dari pantauan induk organisasi tertinggi sepakbola dunia, FIFA. Bahkan FIFA sendiri mencurigai jika telah terjadi indikasi pengaturan skor pada playoff IPL tersebut. Benarkah?

Pada laga playoff IPL yang digelar 16-25 Oktober 2013 lalu di Jepara dan Bantul, rupanya FIFA mencium adanya indikasi pengaturan skor.

Indikasi itu disampaikan direktur keamanan FIFA Ralf Mutshcke kepada Komisi Disiplin PSSI Hinca Pandjaitan, di sela acara Kongres International Association of Sport Law (IASL) XIX di Denpasar Bali Selasa (29/10/13).

Laga playoff IPL yang digelar PSSI ini merupakan bagian dari proses penyaringan wakil dari IPL untuk tampil di liga baru musim depan.

Playoff sendiri telah diikuti oleh 10 klub yang dibagi dalam dua grup, grup K di Bantul dan Grup L di Jepara.

Seperti yang dilansir Inilah, Hinca mengatakan jika FIFA mendeteksi gejala-gejala kecurangan tersebut menggunakan Early Warning System (EWS).

Meski demikian Mutschke enggan membeberkannya secara mendetail dan menyerahkannya kepada PSSI.

“Benar, dia menyampaikan hal itu dan saya sangat terkejut. Dia memberikan informasi tentang adanya pengaturan pertandingan pada laga IPL, dimana terdapat skor yang sangat mencolok.

“Diantaranya laga yang dimainkan oleh klub Pro Duta. Meski kejadian pertandingannya sudah berlalu, tapi kami akan berusaha menindaklanjutinya dengan melakukan investigasi” tegas Hinca.

Lantas bagaimanakah langkah Komdis PSSI dalam menanggapi laporan FIFA mengenai adanya indikasi pengaturan skor di playoff IPL ini? patut untuk dinanti!

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda