Scroll to Top

Nyaman Ibadah dengan Mukena Bali

By C Novita / Published on Wednesday, 30 Oct 2013

mukena

Mukena Bali mulai menjadi tren sejak 2-3 tahun lalu di Indonesia. Tepatnya mulai 2010 dan 2011. Keberadaannya menjadi unik dan dicari masyarakat sebab kain yang digunakan adalah kain khas yang biasanya dipakai untuk baju dan kain Bali.

Kain Bali terkenal adem alias dingin dan nyaman saat dipakai. Untuk membuat mukena Bali lebih khas lagi, produsen menambahkan lukisan tangan asli yang indah namun tidak norak. Antara lain motif yang sering dipakai adalah tanaman ilalang, dan bunga-bunga serta ukiran.

Warna yang dapat dipilih oleh konsumen juga cukup bervariasi, tidak hanya putih. Ada ungu, biru, hijau, tosca, dan lainnya. Tentu saja warna-warna tersebut masih sebatas wajar untuk digunakan saat ibadah dan tidak terlalu menyolok mata.

Namun pembeli saat ini harus lebih jeli membedakan mukena Bali yang asli diproduksi oleh pengrajin dari pulau dewata itu, sebab kini mulai banyak tiruan yang diproduksi dari beberapa produsen sekitar Jakarta.

Beda mukena Bali asli dengan yang tiruan, adalah dari bahan yang digunakan. Biasanya bahan tidak terlalu dingin dan nyaman. Harga juga akan lebih murah dibanding yang asli. Selain itu lukisan tangan-tangan kreatif pengrajin Bali tentu berbeda dengan daerah lain.

Daerah sentra produksi mukena yang asli adalah di Klungkung serta Karangasem, serta desa-desa di wilayah sekitarnya. Untuk harga, biasanya mukena asal pulau dewata ini dibandrol mulai Rp 130 ribu per potong.

Anda berminat? silahkan lengkapi koleksi mukena Bali yang asli, ya.

 

Pic: beritabali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda