Scroll to Top

Tips Agar Pakaian Tetap Terlihat Baru

By C Novita / Published on Wednesday, 30 Oct 2013

tips merawat pakaian

Memiliki pakaian yang awet dan tetap terlihat baru walau telah lama dimiliki, pasti akan membantu Anda berhemat. Selain itu bila pakaian tetap bagus, Anda dapat memberikannya kepada orang lain tanpa sungkan, bila ingin beramal.

Masalahnya, bila cara mencuci dan merawat pakaian salah, pakaian bisa dengan mudah terlihat kusam dan pudar warnanya. Nah, untuk menghindari masalah tersebut, tak ada salahnya Anda ikuti tips berikut ini. Ini cara untuk membuat pakaian tetap terlihat baru dan bagus:

  • Ikuti label. Pada beberapa pakaian keluaran merk tertentu, ada label berisi petunjuk perawatan yang harus diikuti. Misalnya mengenai suhu air, suhu setrika yang digunakan, atau bolehnya dijemur pada sinar matahari terik. Ikutilah pertunjuk pada label pakaian, agar busana Anda itu tetap terlihat baru.
  • Shampo pengganti deterjen. Untuk bahan halus semisal sutra atau brokat yang Anda tak yakin untuk menggunakan deterjen milik Anda, maka gunakan shampo. Shampo punya formula membersihkan yang lembut, sehingga kain tak akan rusak.
  • Terlalu lama merendam. Kebiasaan merendam baju hingga berjam-jam dapat merusak warna dan serat kain. Usahakan untuk tak merendam terlalu lama, serta pisahkan busana putih dari yang berwarna.
  • Jangan terlalu sering. Jarak antara waktu mencuci pakaian juga mempengaruhi kualitas busana. Jika terlalu sering, misal 3 hari sekali Anda cuci, jelas saja busana akan lekas pudar. Solusinya, jangan jemur di terik matahari bila Anda harus sering mencuci busana yang sama. Serta gunakan deterjen sedikit saja.
  • Pelembut dan parfum. Saat menggunakan parfum, ada baiknya tak Anda semprotkan pada kain busana Anda. Semprotkan pada kulit Anda saja. Noda parfum kadang menimbulkan warna kekuningan di permukaan pakaian. Demikian juga saat memakai pelembut pakaian. Jangan gunakan terlalu kental, agar warna kain tidak pudar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda