Windows 8.1 box
Box Windows 8.1

Windows XP akan berakhir dukungannya pada 8 April 2014 mendatang. Microsoft mengatakan bahwa pengguna Windows XP sebaiknya segera melakukan migrasi dan menyebut Windows 8.1 adalah pengganti terbaik untuk Windows XP yang telah diluncurkan pada 2001 lalu.

Mendekati kematian dukungan Windows XP, raksasa perangkat lunak asal Redmond ini mencoba mempromosikan Windows 8.1 yang telah diluncurkan pada 17 Oktober 2013 lalu dan menyebutnya sebagai pengganti terbaik untuk pengguna Windows XP.

Seperti yang kita ketahui, Windows 8.1 adalah perbaikan atau update besar-besaran dari sisten operasi Windows 8 yang dinilai kurang memuaskan. Microsoft juga memuji aneka fitur dan kemampuan Windows 8.1 sebagai pengganti Windows XP, sebut saja tampilan yang modern, dukungan layar resolusi tinggi, browser Internet Explorer yang lebih baru, dan banyak lagi.

“Fitur-fitur ini, ditambah dengan perangkat baru yang membangun keamanan ke dalam perangkat keras itu sendiri, membantu memastikan dan menjaga integritas perangkat (UEFI – Secure Boot) dan perlindungan data (TPM – Enkripsi), menyediakan pelanggan bisnis dengan lapisan tambahan keamanan tidak tersedia pada perangkat keras lama.”

“Windows 8.1 dirancang untuk membantu organisasi mendorong bisnis mereka ke depan dengan peningkatan produktivitas, apakah itu melalui skenario ponsel yang terhubung untuk memungkinkan peluang bisnis baru, atau teknologi yang dimanfaatkan untuk lebih merampingkan proses yang ada,” kata Microsoft.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (29/10/2013), apa yang dilakukan oleh Microsoft ini adalah untuk mendorong adopsi Windows 8.1 dan mengurangi pengguna Windows XP. Namun, jalan Microsoft masih panjang karena ada sekitar 400 juta pengguna yang masih setia dengan Windows XP.