Scroll to Top

Tizen, Turunan MeeGo Hasil Kerjasama Intel dan Samsung

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 28 Sep 2011

Kamu tentu tahu mengenai keadaan sistem operasi mobile MeeGo besutan Intel dan Nokia, yang kini keadaannya cenderung tidak jelas, meski Intel sebagai salah satu pengembang menyangkalnya namun kini sayangnya memang sepertinya MeeGo sudah tamat.

Tizen operating systemNamun Intel jelas giat berusaha mengembangkan sistem operasi open-source berbasis Linux. Maka dari itu, Intel dan Samsung bekerja sama dalam hal membuat sistem baru, sebagai penerus MeeGo. Software ini akan berjalan di berbagai macam perangkat, dan diberi nama Tizen.

Tizen ini adalah gabungan dari MeeGo dari Intel dan LiMo dari Samsung. Salah satu penyebab MeeGo mati adalah mundurnya Nokia sebagai pengembangnya dan memilih untuk menggunakan Windows Phone sebagai platform di produknya. Kerjasama Intel dan Samsung ini akan membantu Intel terjun ke pasar smartphone dan tablet.

Lagipula pasar butuh sesuatu yang baru, dengan dihentikannya pengembangan webOS, usaha mati-matian dari RIM dengan PlayBook miliknya, dan Nokia yang terjun ke pasar Windows Phone. Orang-orang juga tidak ingin tergantung pada Android atau iOS saja.

Yang akan menjadi menadahi proyek ini adalah The Linux Foundation, tapi tentunya pengembangan Tizen dipimpin oleh tim dari Intel dan Samsung. Tizen akan dirilis kuartal pertama 2012 dan perangkat yang mendukungnya pertengahan 2012.

Tizen ditargetkan untuk smartphone, netbook, tablet, komputer di mobil, dan smart TV. Tertarik menggunakannya nanti saat sudah diluncurkan? (via VentureBeat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda