Scroll to Top

Kurs Rupiah Hari Ini Kembali Melemah Terhadap Dollar

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 30 Oct 2013

Kurs Rupiah Hari Ini

Kurs rupiah hari ini diprediksi kembali melemah terhadap dollar AS. Sebab, USD menguat pada perdagangan di pasar karena para pelaku cenderung menahan dollar AS sebagai langkah antisipasi.

Selama dua hari ini terjadi pertemuan penting petinggi The Fed atau Bank Sentral Amerika Serikat. Para pelaku pasar menunggu hasil pertemuan ini sembari lakukan long position.

Langkah ‘menahan’ dollar ini dilakukan sebagai antisipasi bilamana pertemuan dewan gubernur bank sentral ‘Abang Sam’ itu rumuskan hasil yang tidak sesuai dengan perkiraan.

Reza Priyambada, Analis Trust Securities, dalam riset hariannya yang dikutip dari Merdeka berujar jika pelemahan rupiah belum signifikan. Namun, lanjutnya, bisa saja membuka tren pelemahan jika nantinya pertemuan tersebut dihasilkan hasil yang kurang sesuai.

Kurs rupiah diproyeksikan ada di rentang Rp 11.090 – Rp 11.085 per dollar AS atau dalam kurs tengah BI. Sementara data dari Bloomberg menyebut jika rupiah melemah ke posisi Rp 11.135 per dollar AS dibanding penutupan kemarin di level Rp 11.103 per dollar AS.

Pertemuan The Fed sendiri telah berlangsung sejak Selasa (29/10/13). Pelaku pasar yang cenderung mengambil posisi jangka panjang terhadap dollar AS menyebabkan posisi USD pun menguat.

Pada penutupan hari Selasa kemarin, rupiah melemah tipis sebesar 32 poin terhadal dollar AS. Kurs rupiah kemarin ditutup di angka Rp 11.105 yang sebelumnya sempat menguat tipis di angka Rp 11.073.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda