Share

Ricardo Waliwalang Timnas Indonesia

Ricardo Waliwalang mungkin akan menjadi fenomena di persepakbolaan tanah air. Bagaimana tidak? Di usianya yang baru menginjak 15 tahun, ia sudah dipanggil seleksi Timnas Indonesia U19 untuk berlaga di putaran final AFC Cup 2014 di Myanmar tahun depan. Siapakah sebenarnya Ricardo Waliwalang sehingga terpanggil ke Timnas Indonesia U19 pada usia yang masih sangat muda?

Bocah ajaib yang satu ini adalah talenta asli Papua yang lahir di Yahukimo pada tanggal 6 September 1998. Pada tahun 2012 lalu, Ricardo Waliwalang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U14 yang berhasil menempati peringkat kedua di ajang Japan-East Asean Football Exchange Programme U14 Youth Football Festival 2012 di bawah tuan rumah Jepang yang memuncaki klasemen.

Meskipun hanya menempati posisi runner-up, namun Timnas Indonesia U14 tidak pernah kalah di turnamen tersebut. Bahkan, Ricardo Waliwalang dan kawan-kawan mampu menahan imbang Jepang yang bertindak sebagai tuan rumah dengan skor 1-1.

Ricardo Waliwalang Timnas Indonesia

Ricardo Waliwalang tampil luar biasa di turnamen Japan-East Asean Football Exchange Programme U14 Youth Football Festival 2012. Berposisi serba bisa baik sebagai penyerang maupun gelandang, gelontoran gol lahir dari pemain yang akrab disapa Wali ini, yaitu 1 gol saat melawan Filipina, 3 gol kontra Brunei Darussalam, serta 2 gol ke gawang Malaysia.

Kelebihan yang dimiliki oleh Ricardo Waliwalang antara lain, visi bermain yang bagus, sebagai motor serangan, pengirim umpan matang, memiliki stamina prima, jago mencetak gol, dan mempunyai kecepatan lari di atas rata-rata.

Bahkan, oleh Tom Byer yang dikenal sebagai tokoh pembinaan sepakbola usia muda di persepakbolaan dunia, Ricardo Waliwalang disebut memiliki bakat langka yang membuatnya menjadi pemain yang berbeda dan lebih spesial dari pemain bola pada umumnya.