Scroll to Top

FB Bisa Prediksi Kapan Anda Putus Cinta

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 31 Oct 2013

Pasangan

Mungkin penelitian berikut ‘menakutkan’ bagi mereka yang sedang dimabuk asmara. Para peneliti di FB (Facebook) dan Cornell University telah menemukan sebuah formula yang bisa memprediksi kapan pengguna bakal putus cinta.

Jon Kleinberg, seorang ilmuwan komputer di Universitas Cornell dan Lars Backstrom, seorang insinyur senior di Facebook, mengambil data dari 1,3 juta pengguna FB terdaftar yang sedang menjalin hubungan (in relathionship).

Dikutip dari Business Insider, mereka berdua mencari sebuah algoritma yang bisa memprediksi ‘keretakan’ hubungan pengguna satu sama lain.

Penelitian ini menelusuri metrik yang mereka sebut ‘dispersi’. Secara sederhana, metrik ini mencoba menganalisa hubungan yang ada antara jutaan pengguna yang diteliti satu sama lain.

Hubungan ini terkait dengan aktivitas mereka di Facebook, bagaimana interaksi yang ada, ini termasuk bagaimana pola pertemanan dan jaringan yang terbentuk.

Dalam sebuah diagram yang menggambarkan hubungan yang ada, ditunjukkan jika pengguna terpilih berada di pusat titik dengan dikelilingi oleh kelompok pengguna lain misalkan rekan kerja dan kuliah. Dengan formula ‘dispersi’ yang ada, bisa ditebak pengguna-pengguna yang miliki hubungan satu sama lain.

“Kami menemukan bahwa hubungan yang gagal ‘dispersi’ akan berubah transisi statusnya menjadi single dalam tempo 60 hari ke depan,” tulis mereka dalam sebuah paper.

Masih menurut laporan di atas, efek ‘dispersi’ ini berlaku bagi semua hubungan yang telah terjalin hingga 12 bulan. Dalam salah satu prediksi menurut algoritma yang disesuaikan dengan metrik ‘dispersi’, sebuah pasangan bisa alami keretakan hubungan dalam lima bulan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda